Buamona: Pergantian Penjabat Merupakan Kebutuhan Organisasi

Penjabat Pemerintah Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon yang baru dilantik, Idrus Buamona saat menggelar pertemuan dengan warga. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pergantian Penjabat Kepala Pemerintah pada sebuah negeri atau desa merupakan hal yang lumrah terjadi. Ini semata-mata didasarkan pada kebutuhan organisasi.

Hal ini disampaikan Penjabat Pemerintah Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon yang baru dilantik, Idrus Buamona kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Menurutnya, tugas selaku penjabat yang baru, ada tiga hal penting yang akan dilaksanakan. Pertama melanjutkan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di Negeri Batumerah sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Kedua, mempersiapkan proses pengangkatan/pemilihan kepala pemerintah negeri Batu Merah yang definitif, dan yang ketiga melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Wali Kota Ambon,” ungkap Buamona.

Dikatakan, untuk mempersiapkan proses pengangkatan dan pemilihan kepala pemerintah Negeri Batu Merah yang definitif, maka netralitas sangat diperlukan.

“Saya akan bersikap netral. Segala sesuatu akan dijalankan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” kata dia.

Lebih lanjut Buamona menambahkan, agenda kerja terdekat untuk Negeri Batu Merah saat ini adalah, mempersiapkan musyawarah desa, dan pengusulan saniri negeri yang baru.

“Kami memiliki waktu tersisa hanya dua bulan, insyaallah dua agenda tersebut dapat terlaksana, sehingga pelaksanakan Musrenbangdes, penyusan RKP sampai penetapan APBDes dapat tercapai sebelum 31 Desember 2020,” imbuhnya.

Untuk itu, dia meminta adanya dukungan dan partisipasi semua elemen masyarakat Negeri Batu Merah, agar dalam melaksanakan tugas selaku penjabat dapat berjalan baik.

Selain itu, dirinya akan menaruh perhatian pada TP-PKK Negeri Batu Merah, dan Perpustakaan negeri setempat, serta SSB Hatukau yang selama ini menunjukkan prestasi yang luar biasa.

Selama masa jabatannya, Buamona berharap, agar kehidupan sosial budaya dan keagamaan dapat berjalan baik, kondisi keamanan dan ketertiban di masyarakat dapat terjaga, sehingga Negeri Batu Merah dapat maju bersama dengan Negeri, dan desa lainnya di Kota Ambon.