Potret Tugas Keseharian Seorang Bripka Darius Asmuruf Sebagai Bhabinkamtibmas Puncak Cendrawasih Kota Sorong

 6,707 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Bhabinkamtibmas Kelurahan Puncak Cendrawasih Kota Sorong Bripka Darius Asmuruf Putra Asli Maybrat dalam kesehariannya dituntut untuk melayani masyarakat di daerah binaannya. Hal ini menunjukan bahwa menjadi seorang polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas tidaklah semuda yang dipikirkan.

Bahkan waktu yang dihabiskan pun terbilang cukup banyak untuk melayani masyarakat di wilayah binaan seorang Bhabinkamtibmas ketimbang untuk keluarga sekalipun. Untuk melayani masyarakat hampir tak ada batas waktu. Saking dekatnya Bripka Darius Asmuruf dengan masyarakat Nusantara yang tinggal di puncak cendrawasih membuat putra maybrat ini dikenal masyarkat luas.

Dalam kesehariannya, Bripka Darius Asmuruf bertugas di Polsek Sorong Barat Polres Sorong kota Polda Papua Barat sebagai Bhabinkamtibmas Puncak Cenderawasih.

Karakter masyarakat yang majemuk terdiri dari berbagai macam suku, agama, latar belakang pekerjaan dan latar belakang pendidikan menjadikan tantangan tersendiri bagi Bripka Darius Asmuruf untuk dapat menyesuaikan dengan keadaan wilayah.

Paradigma kepolisian yang sudah berubah, yakni melayani dengan hati dan tidak mengedepankan sikap-sikap arogan, membuat pelayanan yang berhubungan dengan Kepolisian harus diutamakan dengan pendekatan persuasif dari sisi kehidupan.

“Saya ini orang asli maybrat dan menjadi Babinkamtibmas di Kelurahan Puncak Cendrawasih, masyarakatnya di sini berasal dari berbagai macam suku, oleh sebab itu kadang saya harus bisa menjadi orang jawa, kadang kadang jadi orang Bugis untuk dapat bersatu dengan warga saya satu Kelurahan ” Ujar Darius.

Banyak sudah permasalahan yang menyangkut tindak pidana tidak dilaporkan ke Polsek maupun Polres dikarenakan sudah diselesaikan terlebih dahulu dengan metode restorative Justice di wilayah binaan oleh bhabinkamtibmas.

“coba dibayangkan apabila permasalahan pencurian sendal misalnya antara tetangga, apabila langsung dibuatkan laporan polisi maka crime total akan meningkat, oleh sebab itu kita Bhabinkamtibmas bertugas membuat wilayah kondusif dengan memperhatikan kedua belah pihak” tambah Darius.

Salah satu warga Ibu Alfonsina Kareth yang sering berjualan sayuran mengungkapkan bahwa keberadaan seorang Bhabinkamtibmas di wilayahnya sangat dirasakan sekali manfaatnya, karena setiap ada permasalahan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Tugas dan keberhasilan dari kepolisian bukan hanya diukur dari menangkap pelaku kejahatan atau tindak kriminal, akan tetapi kondusifnya suatu wilayah tidak lepas dari peran besar seorang Babinkamtibmas.

Berita lain untuk anda

Hadiri Wisudawan UKIP, Kapolda PB Acungkan Jempol untuk Para Dosen

 10,258 kali dilihat 10,258 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebanyak 152 orang wisudawan/ti berhasil menyelesaikan studinya…

Mabes Polri Bantah Jenderal Idham Azis Positif Corona

 3,864 kali dilihat 3,864 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Berhembus isu liar ditengah publik bahwa Kapolri Jenderal…

Wujud Komitmen Pertamina, 9 Titik Penyalur BBM 1 Harga Diresmikan di Ambon

 1,462 kali dilihat 1,462 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON- PT Pertamina Patra Niaga bersama Badan Pengatur Hilir…

37 Satwa Endemik Papua Barat Dilepasliarkan diantara Lokakarya Penegakan Hukum Konservasi SDA

 1,429 kali dilihat 1,429 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Sebanyak 37 ekor unggas dilepasliarkan di satu sisi…

Wow ! Pertamina MOR VIII Tambah 44 SPBU Satu Harga Sepanjang 2020 di Wilayah Pamalu

 1,568 kali dilihat 1,568 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA- Pertamina MOR VIII PT Pertamina (Persero) sepanjang tahun…

Dukung UMKM Lokal yang Kompetitif dan Berdaya Saing, SKK Migas Pamalu Gelar Web-Seminar Ekonomi

 1,629 kali dilihat 1,629 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah…

Badai Siklon Seroja Berdampak terhadap Terumbu Karang di Taman Nasional Perairan Laut Sawu

 1,491 kali dilihat 1,491 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KUPANG- Pada tanggal 3 April 2021 badai siklon Seroja…

Organisasi Mitra Penerima Hibah BAF Dorong Upaya Konservasi di Papua Barat

 1,545 kali dilihat 1,545 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI-Sembilan organisasi non pemerintah di Papua Barat sebagai mitra…

DPC GMNI Kota Sorong : PJ Gubernur Papua Barat Jangan Lupa Janji

 3,014 kali dilihat 3,014 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional…

Legislator YAY Bakal Di Jemput Paksa, Jika tak Penuhi Panggilan Kedua

 2,066 kali dilihat 2,066 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Penyidik Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Papua…