Brigjen.Bangun Nawoko: Yang Berkesan Selama Bertugas di Merauke adalah Kebersamaan Sukseskan PON XX

Brigjen TNI Bangun Nawoko. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kesan Brigjen TNI Bangun Nawoko selama bertugas di Merauke sebagai Danrem 174/ATW adalah bagaimana dirinya dan semua stakeholder mampu memikul tanggungjawab yang sangat besar untuk mensukseskan PON XX Papua di Klaster Merauke.

Bukan hanya Klaster Merauke, Korem 174/ATW punya tanggungjawab mensukseskan di Klaster Timika. Diawali dengan upaya dan kerja keras bersama semua pihak agar pelaksanaan vaksinasi dapat nencapai 70 persen sebelum perhelatan PON Papua.

“Awal-awal dulu vaksin masih mencari orang, sekarang Alhamdulillah, orang mencari vaksin. Sebelumnya kita gencar lakukan sosialisasi, door to door jemput dan antar hingga akhirnya 70 persen tercapai, PON bisa dilaksanakan dan semuanya sukses,” pungkas Brigjen TNI Bangun Nawoko di Bandara Mopah Merauke, Rabu (26/1/2022).

Kurang lebih 21 bulan bertugas di Merauke, selanjutnya Brigjen TNI Bangun Nawoko akan melanjutkan jabatan baru di Mabes TNI. Dalam waktu dekat ini, dirinya akan meninggalkan Merauke menuju pelaksanaan tugas yang baru.

Ia mengaku paling terkesan dan sangat bangga bertugas di Papua, khususnya di wilayah Korem 17/ATW karena semua situasi berjalan aman dan terkendali terlebih tidak terjadi pertumpahan darah. Dikatakan, dalam pola operasi, dirinya merubahnya dengan tidak ada lagi pendekatan keamanan, atau pendekatan kekerasan tetapi melaksanakan pendekatan secara humanis.

“Bahwa seluruh prajurit yang tugas di Papua, dia akan selalu mencintai, melindungi dan membantu serta ikut menjaga harkat dan martabat orang Papua. Dan keberadaan TNI kini sudah semakin dekat dengan masyarakat,” ujar Bangun.

Namun, tidak dipungkirinya bahwa masih ada beberapa prajurit TNI yang arogan, dan melakukan pelanggaran. Namun Dirinya punya komitmen bagi prajurit yang tidak punya komitmen terhadap aturan militer akan masuk dalam hukum militer.

“Itu tidak ada pengampunan bagi kita. Karena prajurit itu adalah orang dewasa, artinya kalau dia berbuat salah berarti dia harus bertanggungjawab akibat dari perbuatannya,” tegas Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Tak lupa mantan Danrem Merauke ini sampaikan apresiasi tugas-tugas jurnalis yang sudah dan selalu mendukung dan mengkhawal tugas dan program TNI.