BPPSDMP Kominfo Makassar Gelar VSGA di Ternate

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPPSDMP) Kominfo Makassar menggelar Vocational School Graduate Academy (VSGA), yang berlangsung di Hotel Sahid Bela Ternate, Rabu (16/6/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPPSDMP) Kominfo Makassar menggelar Vocational School Graduate Academy (VSGA) untuk angkatan kerja muda bidang vokasi.

Acara tersebut merupakan Pelatihan sekaligus Sertifikasi dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang TIK yang akan memperoleh sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan ini digelar, di Hotel Sahid Bela Ternate, Rabu (16/6/2021).

Kegiatan VSGA ini diikuti oleh 60 peserta dari lulusan Vokasi baik SMK maupun Diploma selama lima (5) hari yakni dari tanggal 15 Juni 2021 hingga 19 Juni 2021.

Acara tersebut terdiri dari tiga (3) hari pelatihan dan dua (2) hari proses sertifikasi. Program VSGA ini mensertifikasi tiga bidang keahlian/profesi, yaitu Junior Networking Administrator, Video Editing dan Data Management Staff.

Kegiatan tersebut di buka oleh Sekretaris Kota Ternate, Jusuf Sunya.

Jusuf Sunya dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika khususnya Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar, yang telah memilih Kota Ternate sebagai salam satu tempat penyelenggaraan SKKNI.

“Kementerian Kominfo telah memberikan kesempatan kepada Angkatan Kerja Muda Kota Ternate untuk mendapatkan sertifikasi atau pengakuan terhadap kompetensi yang dimilikinya,” ucap Sekkot Ternate.

Terkait dengan upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan, menurut Sekkot, maka Pemerintah Kota Ternate berkomitmen untuk membangun kualitas manusia yang tercermin dari visi/misi Kota Ternate “Mewujudkan Infrastruktur Jasa dan Perdagangan yang merata antara Wilayah, membangun Kota Ternate sebagai Kota Pesisir dan Maritim, membangun Kota Ternate sebagai pusat destinasi wisata unggulan berbasis Budaya, Sejarah dan Bahari.”

“Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini secara seksama, sehingga semuanya dapat dinyatakan kompeten dan bersertifikat,” tandas Sekkot.