Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), terkait dengan pengawasan obat dan makanan antara BPOM Maluku dan Dinkes Kota Ambon , yang berlangsung di Kantor BPOM, Selasa (20/9/2022). Foto-Ist/TN

 1,801 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon melakukan proses penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), terkait dengan pengawasan obat dan makanan. Penandatanganan PKS ini berlangsung di Kantor BPOM, Selasa (20/9/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy dan didampingi oleh penanggung jawab pengawasan obat dan makanan, serta Kepala BPOM Maluku, Hermanto.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU), yang sempat disepakati oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dan BPOM pada tahun 2018 lalu.

“Ini menindaklanjuti hasil MoU dengan Pemkot Ambon, yang sudah dilaksakan di tahun 2018 lalu, dan saat ini kita melaksanakan PKS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy.

Menurutnya, pengawasan terhadap obat dan makanan merupakan kebutuhan dasar dan penting, serta memiliki resiko tinggi, apabila tidak dikelola dengan baik. Sehingga, menurutnya, penandatanganan PKS ini justru mempermudah pihaknya, guna meningkatkan efektivitas serta efisiensi pengawasan.

“Harapan kami, dengan adanya perjanjian kerja sama ini, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengawasan obat dan makanan di kota ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPOM Maluku, Hermanto mengungkapkan, dengan adanya kerja sama ini tentunya akan sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik pihaknya maupun pihak Pemkot Ambon dalam hal ini dinkes.

“Kami dapat bertukar informasi yang diperlukan, baik itu nanti dari kami BPOM Maluku maupun dari Dinas Kesehatan yang tentu tujuannya itu, untuk bertukar informasi, sehingga memudahkan kedua belah pihak dalam melaksanakan tugas-tugas,” ungkap Hermanto.

Dia berharap, dengan adanya kerjasama ini juga, apa yang telah disepakati melalui MoU sebelumnya dapat dilaksanakan dengan baik. Hal terkait dengan efektivitas dan efisiensi pengawasan obat dan makanan, serta dapat memberikan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat, terkait dengan obat dan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

“Dengan adanya perjanjian kerja sama yang dilaksanakan pada hari ini, seperti disampaikan ibu kadis, untuk meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan lebih efisien. Agar kegiatan itu dapat terlaksana tepat sasaran, maka saya berharap sinergi ini dapat terus dijalin untuk seterusnya,” harap Hermanto.

Berita lain untuk anda

Wakil Rakyat DPRP Dapil Selatan Dukung Penuh Pemekaran PPS

 2,597 kali dilihat 2,597 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota DPR Papua daerah pemilihan (Dapil) 7…

Dirikan Dapur Lapangan, TNI-Polri dan Pemkot Sorong Sediakan 300 Nasi Bungkus Setiap Hari

 2,637 kali dilihat 2,637 kali dilihat Sorong,TN – Guna membantu meringankan beban masyarakat kota Sorong yang…

PSI Papua Barat Kebut Verifikasi, DPD Kota Sorong Optimis Lolos

 2,587 kali dilihat 2,587 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW…

DPRD Maluku Minta Ada Limit Harga Tertinggi Untuk Rapid Tes Antigen

 2,715 kali dilihat 2,715 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku meminta, adanya limit harga…

Pemprov PPS Alokasikan Anggran untuk Perbaikan Jalan Rusak

 14,389 kali dilihat 14,389 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di tahun pertama setelah dimekarkan sebagai daerah…

Baru Dibuka, Loket Simpeda Yawuk Kobok Distrik Aimas Raup Pajak Rp 20 juta

 2,583 kali dilihat 2,583 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Sistem Pembayaran Pajak Daerah (Simpeda) Yawuk Kobok…

Seorang Pria Di Sorong Ditemukan Tewas Gantung Diri Diatas Pohon

 2,656 kali dilihat 2,656 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Seorang pria berinisial YK (30) ditemukan tewas…

TNI AL Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi, Sasar Daerah Terpencil Di Sorong

 2,655 kali dilihat 2,655 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong (Komando Armada…

Ada Varian Baru COVID-19, Pangdam XVIII/Kasuari Dorong Vaksinasi Bagi Keluarga TNI

 2,511 kali dilihat 2,511 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE,…

Kadinkes Tak Membantah Jika Kota Ambon Kembali ke Zona Merah

 2,644 kali dilihat 2,644 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon lewat rilis yang disampaikan Satuan…