792 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Merauke serahkan bantuan promotif dan preventif, kepada lima badan usaha yang ada dinilai tertib dalam administrasi.

Melalui program promotif dan preventif ini, BPJS Ketenagakerjaan hadir melindungi pekerja dan memberi kenyamanan dalam bekerja. Program ini sangat membantu perusahan dalam melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja.

“Kelima badan usaha ini tertib dalam administrasi, yaitu rutin membayar iuran, pelaporan dan administrasi lainnya. Sehingga berhak untuk mendapatkan bantuan promotif dan prefentif,” ungkap Kepala BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek Alamsyah Ali di Kantor Cabang Merauke, Kamis (28/07).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Merauke serahkan bantuan multivitamin kepada perwakilan Rumah Sakit Bunda Pengharapan. Foto-Getty/TN

Ada beberapa jenis bantuan, yakni pemberian pangan bergizi, multi vitamin, masker, APD penanganan Covid-19. Kemudian ada pelatihan aneka tiga dan pembagian poster K3 untuk mengedukasi dalam rangka pencegahan kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja.

Namun untuk sementara, bantuan hanya untuk pemberian bahan nutrisi dan multivitamin saja. Sedangkan beberapa item lain penyelenggaraannya ada di tempat atau daerah lain.

Dikatakan, jumlah dan jenis bantuan serta badan usaha yang berhak menerima sudah ditentukan dari pusat. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Merauke hanya melanjutkan penyaluran kepada badan usah yang berhak dan terpilih. Dari lima yang terpilih, empatnya mendapatkan bantuan nutrisi berupa beras lima kilo, gula, dan ikan sarden. Sedangkan satunya menerima bantuan multivitamin.

“Harusnya ada masker, namun karena belum samapai maka kita serahkan yang sudah ada. Dengan bantuan yang diberikan ini, diharapkan banyak manfaat yang diperoleh sebagai peserta,” sambung Alam.

Lima Badan usaha yang mendapatkan bantuan di atas adalah, Rumah Sakit Bunda Pengharapan, Vita Seluler, Teknik Fajar Timur, Serba Listrik Toko, dan Pelayaran Putra Harapan Mandiri.

Foto bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan dengan penerima bantuan. Foto-Getty/TN

Kesempatan yang sama ia menyampaikan besaran klaim sejak Januari -Juni 2021, bahwa BP Jamsostek Merauke telah melakukan pembayaran klaim sebanyak 19 miliar. Di dalamnya ada Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan sekarang sudah ada Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Jadi, setiap tahun, manfaat yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta mengalami kenaikan,” tambahnya.

Untuk itu, semua karyawan yang bekerja di badan usaha diharapkan terdaftar sehingga dapat menerima manfaat. Pengajuan klaim maupun layanan lainnya, bisa melalui aplikasi Lapak Asik (pelayanan tanpa kontan fisik) untuk memudahkan peserta di tengah Pandemi guna menghindari tatap muka.

Alamsyah Ali juga mengajak pekerja wirasawasta, petani, pedagang dan semua jenis pekerjaan lainnya untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan karena manfaatnya sangat besar.

Berita lain untuk anda

Refra Harap Pembangunan di Maluku Berjalan Baik

 692 total views (dibaca)  692 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Provinsi…

Baru Diterima 16 Hari, Motor Dinas Kepala Distrik Aimas Dijual Rp 1,5 Juta

 830 total views (dibaca)  830 total views (dibaca) Aimas, TN – Kepala Distrik Aimas, Yuri S.Sos harus…

Pertahankan WTP, Gubernur Minta SKPD Selesaikan Pertanggungjawaban Tahun 2020

 729 total views (dibaca)  729 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan menegaskan…

Gunakan Metode TCM, RSUD Andi Makassau Bisa Tes Covid-19

 680 total views (dibaca)  680 total views (dibaca) Makassar, TN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi…

Pagar Kantor DPRD Maluku Roboh, Akibat Didobrak Pendemo

 696 total views (dibaca)  696 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pagar kantor DPRD Provinsi Maluku roboh,…

Hermawan: Lapas Ternate Pernah Gagalkan Penyelundupan Narkoba

 746 total views (dibaca)  746 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA…

PHBG Sinode GPM Gandeng KOBAMA Tata Halaman Gereja Maranatha

 766 total views (dibaca)  766 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Panitia Hari-hari Besar Gerejawi Sinode Gereja…

Dompet Peduli NasDem Sasar Pelaku UMKM, Ada Hadiah Doorprize

 754 total views (dibaca)  754 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Bantuan modal usaha melalui dompet peduli…

PT.Pelni Siap Layani Penumpang Keluar Dari Merauke

 703 total views (dibaca)  703 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Akhir Bulan September 2020 ini, PT…

Tak Adanya Mobil Damkar, Warga Padamkan Api dengan Air Mineral

 708 total views (dibaca)  708 total views (dibaca) Talaud, TN – Tak adanya mobil pemadam kebakaran dan…