BPJS Ketenagakerjaan Cabang Merauke Sosialisasikan Programnya di Kelurahan Rimba Jaya

Penyerahan santunan kematian kepada ahli waris di Kelurahan Rimba Jaya Merauke, Papua. Foto-Getty/TN

TERPPONGNEWS.COM, MERAUKE – BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek Cabang Merauke kembali melaksanakan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan di Kelurahan Rimba Jaya, Merauke bagi seluruh pekerja informal yakni staf honorer kantor, kader posyandu dan para RT di kelurahan tersebut.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Merauke, Alamsyah Ali mengatakan, program yang disiapkan dikhususkan kepada seluruh pekerja yang telah mendaftar sebagai peserta, apapun pekerjaannya.

“Karena para pekerja ini memiliki risiko yang wajib kita lindungi,” kata Alamsyah, Kamis (2/6/2022) di Kantor Kelurahan Rimba Jaya.

Dalam kegiatan ini sekaligus penyerahan kartu kepesertaan tenang honorer kelurahan secara simbolis dan penyerahan santunan kematian kepada ahli waris Yakobus Kolikadu senilai Rp. 49.320. 290.

Dikatakan, sejak Januari sampai Mei 2022, santunan yang sudah diserahkan kepada penerima senilai 16,7 miliar dari 1.228 orang peserta yang disantuni. Ini sebagai bukti bahwa program BPJS Ketenagakerjaan sangat besar manfaatnya bagi peserta.

Program Jamsostek yang disiapkan adalah jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun (JP), dan ditambah lagi yang terbaru adalah Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Untuk kecelakaan kerja dimulai dari berangkat kerja hingga kembali ke rumah. Ketika terjadi kecelakaan, maka BPJS Ketenagakerjaan akan membantu biaya pengobatan. Jika terjadi kecelakaan hingga meninggal dunia, maka akan diberikan santunan kematian dan beberapa komponen lainnya, seperti santunan berkala, biaya pemakaman biaya beasiswa jika ada anak sekolah,” sambungnya.

Lurah Rimba Jaya, Wilem Kambuan memberikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang bersedia berbagi informasi seputaran program yang ditawarkan kepada masyarakat. Harapannya semua peserta sosialisasi, ketika sudah paham selanjutnya mendaftar sebagai peserta karena besaran iuran tidak memberatkan peserta.

“Saya harap semua hadiri usai sosialisasi langsung ikut mendaftar,” ujar Wilem.