1,429 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,JAKARTA – Sebagai upaya dalam peningkatan kualitas layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan meluncurkan nomor layanan Call Center 165, simplifikasi rujukan thalasemia mayor dan hemofilia serta portal web Jurnal JKN.

Berbagai inovasi layanan ini diluncurkan serentak dan dihadiri oleh Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), serta Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, di Jakarta, Senin (13/09)

“Ini juga merupakan komitmen kami, terlebih dalam memperingati Hari Pelanggan yang jatuh 4 September lalu serta HUT ke-53 BPJS Kesehatan, kami persembahkan kepada pelanggan kami, peserta BPJS Kesehatan serta masyarakat berbagai inovasi dan terobosan berbasis teknologi informasi untuk menunjang penyelenggaraan Program JKN yang berkeadilan dalam melayani peserta di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Utama BPJS kesehatan, Ali Ghufron Mukti.

Ghufron berharap, layanan yang diluncurkan pada hari ini dapat memberikan kemudahan akses layanan serta mengakomodir harapan dan memenuhi kebutuhan peserta maupun para pemangku kepentingan.

“Kami juga mohon dukungan dari seluruh stakeholder, untuk bersama-sama mengawal berjalannya Program JKN-KIS, agar seluruh peserta mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik,” kata Ghufron.

BPJS Kesehatan Care Center 1500400 Siap Ganti Nomor Jadi 165

BPJS Kesehatan secara bertahap mengubah nomor layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 menjadi 165.

Sementara itu, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun mengatakan, BPJS Kesehatan secara bertahap mengubah nomor layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 menjadi 165.

Berubahnya nomor layanan BPJS Kesehatan Call Center dari yang awalnya terdiri atas tujuh digit menjadi tiga digit ini, diharapkan membuat masyarakat lebih mudah mengingat nomor tersebut jika sewaktu-waktu memerlukan informasi atau akan melakukan pengaduan terkait layanan JKN-KIS.

“Selama masa transisi sampai Desember 2021, masyarakat masih dapat menggunakan secara paralel nomor 1500 400 maupun 165 untuk menghubungi BPJS Kesehatan Care Center,” ujar David.

Adapun sejumlah fitur yang dapat diakses masyarakat melalui BPJS Kesehatan Care Center antara lain permintaan informasi dan pengaduan; layanan administrasi seperti penambahan anggota keluarga Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan swasta, PBPU, serta BP; pendaftaran bayi baru lahir non PBI Jaminan Kesehatan; peralihan segmen peserta ke PBPU; dan perubahan data.

Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum melalui pelayanan Tanya Dokter yang tersedia di BPJS Kesehatan Care Center.

“Untuk pengaduan yang sifatnya memerlukan koordinasi dengan kantor cabang BPJS Kesehatan ataupun stakeholder lainnya, BPJS Kesehatan Care Center memiliki sistem yang terhubung dengan kantor cabang. Dengan demikian, kantor cabang dapat segera menyelesaikan pengaduan tersebut sesuai dengan Standard Level Agreement (SLA) target waktu penyelesaian atas pengaduan tersebut,” kata David.

BPJS Kesehatan sendiri sebenarnya telah memiliki layanan pusat informasi care center sejak tahun 2010 pada era PT Askes (Persero). Keberadaan dan fungsi care center tersebut selanjutnya terus dikembangkan. Mulai tahun 2014, care center dapat dijangkau oleh masyarakat selama 24 jam 7 hari. Sepanjang tahun tersebut, jumlah panggilan yang diterima oleh care center mencapai 645.263 panggilan. Jumlah panggilan tersebut meningkat tajam seiring berjalannya waktu serta bertambahnya kanal informasi dan pengaduan yang disediakan BPJS Kesehatan. Hingga pada tahun 2020, tercatat BPJS Kesehatan Care Center melayani 1.631.535 panggilan. Hal ini tak lepas dari pertumbuhan kepesertaan JKN-KIS yang melonjak menjadi lebih dari 200 juta jiwa yang menyebabkan naiknya akses panggilan ke BPJS Kesehatan Care Center.

Berita lain untuk anda

Pemprov Kaltara Layani Warga Bunyu Lewat Sipelandukilat

 1,413 total views (dibaca)  1,413 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara…

Kadistrik Serambakon Sebut KKB Teror Masyarakat

 1,484 total views (dibaca)  1,484 total views (dibaca) Jayapura, TN  –  Kepala Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang…

Ini Alasan Gustu Covid C-19 Kota Jayapura Periksa 83 OTG di TPI Hamadi

 1,380 total views (dibaca)  1,380 total views (dibaca) Jayapura, TN – Kadis Kesehatan Kota Jayapura, NI Nyoman…

Yuk, Jaga Kesehatan Di Rumah Sambil Join Challenge di Media Sosial!

 83 total views (dibaca) Likee ajak pengguna untuk menjaga kesehatannya di rumah melalui challenge #MeSmoothies, #KelasDanceLikeeID, dan #SelfLoveChallenge

Jabatan Sekwan, “Jembatan” Antara Eksekutif dan Legislatif

 1,602 total views (dibaca)  1,602 total views (dibaca) Waisai, TN- Jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) merupakan Organisasi Perangkat…

Diserang Kelompok Separatis, 3 Personil Pos Koramil Kisor Kodim 1809/Maybrat Gugur

 1,459 total views (dibaca)  1,459 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Pos Koramil (Posramil) Kisor Kodim 1809/Maybrat di…

Distrik Kebar, Negeri Savana dari Tambrauw

 3,244 total views (dibaca)  3,244 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TAMBRAUW- Kabupaten Tambrauw adalah salah satu kabupaten di…

Sasar Ibu-Ibu Janda, Keluarga Jhoni Diamara Bagikan 200 Paket Kemanusiaan

 1,509 total views (dibaca)  1,509 total views (dibaca) Manokwari, TN – Sebagai salah satu bentuk dukungan kepada…

KPU RI Berikan Penghargaan kepada KPU Raja Ampat, Ini Alasannya !

 1,400 total views (dibaca)  1,400 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Pimpinan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia…

Kota Ternate Jadi Jalur Transportasi Narkoba

 1,596 total views (dibaca)  1,596 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP)…