Berita

BMKG: Waspada Banjir Rob Pada Sejumlah Wilayah Pesisir di Maluku

×

BMKG: Waspada Banjir Rob Pada Sejumlah Wilayah Pesisir di Maluku

Sebarkan artikel ini
Logo Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat yang bermukim di daerah pesisir pantai di Maluku, untuk mewaspadai adanya banjir rob. BMKG sendiri telah mengeluarkan peringatan dini.

Peringatan dini banjir rob ini tertuang dalam surat bernomor ME.01.02/017/KAMB/I/2023 tertanggal 17 Januari 2023, yang ditandatangani Kepala BMKG Stasiun Ambon, Ashar.

Melalui surat peringatan dini, Ashar mengungkapkan, banjir rob terjadi karena adanya fenomena Super New Moon, yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

4614
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Surat peringatan dini banjir rob yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto-Ist/TN

“Diperkirakan pada tanggal 21 Januari 2023 mendatang, akan ada fenomena Super New Moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee, yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum, sehingga berdampak pada terjadinya banjir pesisir atau rob di sejumlah wilayah,” ungkap Ashar dalam keterangan persnya, yang diterima wartawan, di Ambon, Rabu (18/1/2023).

Dijelaskan, potensi banjir pesisir diprediksi akan terjadi pada rentan waktu tanggal 21 sampai dengan 24 Januari 2023 di beberapa wilayah di Maluku.

Wilayah-wilayah tersebut diantaranya, pesisir wilayah Seram Bagian Timur, Pesisir Selatan Pulau Seram, Pesisir Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Pesisir Kepulauan Tanimbar, Pesisir Kepulauan Kei, serta pesisir Kepulauan Aru.

“Karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat, khususnya di wilayah pesisir untuk waspada adanya fenomena ROB dengan rentan waktu tersebut, serta memperhatikan pemutakhiran informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG,” tandas Ashar.