Mayor CZI Donny Pramudya Mahardi, saat dilantik sebagai Danyonzipur 20/PPA Kodam XVIII/Kasuari, oleh Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra S.IP. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Detasemen Zipur 13/PPA Kodam XVIII Kasuari di Sorong, telah naik tingkat dan berubah statusnya menjadi Batalyon Zipur 20/PPA. Upacara peresmian pengembangan satuan bantuan tempur ini dilakukan pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Dalam upacara di lapangan apel Mako Denzipur yang dipimpin Dandenzibang Sorong Letkol CZI Ir. Rahmat Manalu ini, dihadiri Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra S.I.P yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara.

Peresmian pengembangan satuan ini, berdasarkan surat Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/352/IV/2020 tanggal 23 April 2020, tentang Persetujuan Pembentukan Satuan Baru di jajaran Kodam XVIII/Kasuari, yang di dalamnya termasuk berdirinya Yonzipur 20/PPA.

Dalam sambutannya, Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra mengatakan, pengembangan Zipur di Sorong ini bagian dari rencana strategis penataan organisasi Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020-2024, tentang pembangunan kekuatan kemampuan dan gelar Kodam XVIII/Kasuari.

Selain peresmian pengembangan satuan Zipur PPA, dalam kegiatan itu juga dilaksanakan pelantikan Mayor CZI Donny Pramudya Mahardi sebagai Danyonzipur 20/PPA Kodam XVIII/Kasuari, menggantikan Mayor CZI Bayu Nugroho, yang saat ini menempuh pendidikan di Bogor.

Kepada jurnalis Teropongnews.com, Donny Pramudya menjelaskan, dengan perubahan status ini, banyak PR yang harus segera ia selesaikan. Salah satunya adalah penambahan jumlah prajurit agar sesuai dengan statusnya sebagai batalyon.

“Jumlah ideal prajurit di Batalyon adalah sekitar 600 sampai 1.000 tentara. Saat ini kami baru ada separuhnya, dan secara bertahap akan terus dilakukan penambahan,” kata Donny, Sabtu (4/9/2020).

Yonzipur 20/PPA merupakan batalyon zeni organik Kodam XVIII/Kasuari yang bermarkas di Jl Pengalengan 01 Klalin, Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Nama satuan Pawbili Pelle Alang diambilkan dari bahasa Papua, yang berarti Pawbili: Membangun, Pelle: Bertempur, Alang:Prajurit, yang dimaknai sebagai Prajurit yang siap Bertempur dan Membangun. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda