Mendaftar di KPU Raja Ampat, Berkas Pasangan AFU-ORI Dinyatakan Lengkap

Foto bersama Cabub dan Cawabub Raja Ampat, Faris-Orideko, dengan komisioner KPU Raja Ampat.

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI- Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat melakukan pendaftaran ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat. Kedua pasangan tersebut adalah Bapaslon Abdul Faris Umlati (AFU) dan Orideko Iriano Burdam (ORI).

Kedua kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati Raja Ampat itu, tiba di kantor KPU Raja Ampat, sekitar pukul 16.00 WIT, digotong dengan tandu dan diarak oleh ribuan massa pendukung dan simpatisannya, setelah bergerak dari Cafe Raja kota Waisai, Sabtu (5/9/2020).

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dan Orideko Iriano Burdam. Foto Wim/TN.

Keduanya datang dengan iring-iringan suling tambur yang merupakan musik tradisional Papua dan alat musik Totobuang dari Ambon.

Usai pendaftaran Paslon AFU-ORI, kata ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe, pihaknya telah menerima berkas pendaftaran pasangan calon Abdul Faris Umlati dan Orideko Iriano Burdam, dan setelah diferivikasi semua berkas pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut, dinyatakan lengkap.

“Terkait dengan berkas pasangan calon bupati dan wakil bupati, Faris dan Orideko, berdasarkan ferivikasi, semuanya dinyatakan lengkap, dan nantinya kami akan masuk pada tahapan berikutnya. Kami masih membuka pendaftaran sesuai jadwal sampai esok Minggu tanggal 06 September 2020,” jelas ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe.

Pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dan Orideko Iriano Burdam di KPU Raja Ampat. Foto Wim/TN.

Setelah dilihat dari syarat dukungan partai pengusung ditambah dengan dukungan partai non seat terhadap Paslon kandidat Faris-Orideko, maka dipastikan tidak ada lagi Paslon yang mendaftar di KPU Raja Ampat, dengan demikian hanya satu pasangan calon yang mendaftar, jika sampai tanggal 06 September 2020, tidak ada lagi yang melakukan pendaftaran.

Kandidat calon bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, kepada awak media usai melakukan pendaftaran di kantor KPU Raja Ampat, mengatakan dirinya bersama calon wakil bupati Orideko Burdam telah menyerahkan berkas pasangan calon kepada KPU Raja Ampat dan selanjutnya akan diferivikasi.

“Kami masih melalui proses tahapan, pastinya setelah proses pendaftaran pasangan calon di KPU, selanjutnya akan dilakukan penetapan, baru kita akan masuk pada tahapan selanjutnya yaitu kampanye pasangan calon,” jelas Faris Umlati.

Dikatakan, pihaknya belum tau persis sistem dan theknis kampanyenya seperti apa, namun Faris berharap dukungan penuh dari seluruh masyarakat Raja Ampat, untuk mengsukseskan Pilkada Raja Ampat yang rencananya akan dilakukan pada 09 Desember 2020 mendatang.

Abdul Faris Umlati adalah bupati petahana yang berasal dari kalangan partai politik yaitu partai Demokrat. AFU bersama Demokrat membangun koalisi dengan Golkar, PAN, NasDem, PKS, Gerindra sebagai partai pengusung ditambah dengan partai non seat, PDIP, PKPI, PSI, Garuda, PPP dan PKB.

Sementara itu Orideko Iriano Burdam, yang berpasangan dengan petahana Abdul Faris Umlati, merupakan Birokrat murni, mantan ASN dengan jabatan Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) dipercayakan mendampingi AFU karena diukur dengan tingkat elektabilitasnya yang tinggi.