Suasana siswa di Perbatasan RI-PNG Distrik Sota Merauke menyambut hadirnya perpustakaan keliling. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di tengah Pandemi Covid-19 dewasa ini, kegiatan belajar mengajar siswa tidak berjalan maksimal di sekolah. Di tapal batas negara RI-PNG Kampung Sota, Kaupaten Merauke, perpustakaan keliling menjadi solusi dalam mencerdaskan generasi Papua.

Satgas Yonif 125/Si’mbisa sebagai pelopor dalam rutinitas perpustakaan keliling. Ini sekaligus menumbuhkan minat membaca anak-anak perbatasan, yang notabene tidak bisa belajar sistem online akibat banyak sekali keterbatasan fasilitas maupun perangkat.

“Kali ini dipimpin oleh Pasiter Satgas Yonif 125/Si’mbisa, Lettu Inf Riyono beserta tiga orang anggota di Jalur 4 A Kampung Sota, Distrik Sota,” ucap Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya, Selasa (1/9), di Merauke.

Dikatakan, hadirnya perpustakaan kelililing sebagai wujud kepedulian Satgas terhadap dunia pendidikan dalam membantu mencerdaskan generasi penerus bangsa di ujung Timur Indonesia.

Dilakukan secara rutin, dan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain hingga menjangkau semua siswa sekolah dasar yang ada di seluruh wilayah itu.

“Memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada anak-anak ini merupakan tanggung jawab kita bersama, agar kelak mereka memiliki SDM yang mumpuni,” tandasnya.

Selain itu, menjadikan mereka generasi yang cerdas, dan memiliki integritas adalah kunci kesuksesan dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara itu, Hermanus (12), siswa Kelas Vl SD YPK Sota dan teman-temanya begitu antusias ketika perpustakaan keliling hadir di kampung mereka, yang dikengkapi banyak buku cerita dan petualangan.

“Saya senang sekali, ada banyak buku-buku cerita dan petualangan yang bisa dibaca. Terima kasih bapak TNI,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda