Pemkot Ambon Bentuk Posko Bersama Ditingkat Kelurahan dan Desa

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkot Ambon, Joy Adriaansz. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi Tahap III, Pemerintah Kota Ambon telah menyiapkan beberapa langkah, salah satunya dengan membentuk Posko Bersama ditingkat Kelurahan dan Desa.

Posko tersebut akan diwadahi oleh Lurah atau Kades, Kepala Puskesmas setempat bersama jajaran tenaga kesehatan, para Babinsa dan Babhinkamtibmas.

“Mereka yang nantinya menjadi motor penggerak bagi masyarakat untuk Wajib menerapkan program 4M, yaitu Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan serta bagaimana pentingnya menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS,” jelas Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkot Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan, di Ambon, Senin (31/8).

Selain itu, langkah lain yang dilakukan Pemkot melalui GTPP Covid-19 adalah, melakukan penguatan kapasitas bagi seluruh perangkat di Desa dan Kelurahan.

“Langkah berikutnya yang dilakukan Pemkot adalah dengan melakukan pelatihan/peningkatan kapasitas kepada Gugus tugas di tingkat desa/kelurahan serta memberlakukan buku Saku Tangguh Bencana di Desa/ Kelurahan yang akan diterapkan di masing-masing Kelurahan/Desa,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot juga akan melakukan sinergitas dan koordinasi antara Gugus Tugas yang ada di Desa/Kelurahan dengan Gugus Tugas Pemerintah Kota Ambon.

Hal ini menurut Joy, untuk mengetahui tanggung jawab masing-masing Gugus Tugas, baik ditingkat Desa/Kelurahan maupun di Tingkat Kota.

“Hal penting yang perlu terus dilakukan adalah meningkatkan sosialisasi bagi masyarakat terkait pentingnya menerapkan 4M dan PHBS. Selain itu akan dilaksanakan Bhakti Sosial yang difokuskan pada area fasilitas umum masyarakat, diantaranya pasar-pasar tradisional maupun pasar-pasar yang ada ditingkat kecamatan, yang diprakarsai oleh TNI dan POLRI dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Ambon lewat OPD terkait,” imbuh Joy.

Dia kemudian menghimbau kepada masyarakat, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan lewat pemberlakuan 4M dalam beraktivitas untuk mencegah serta menekan penularan Covid-19.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan takut dalam beraktivitas, selama dalam aktivitas keseharian tetap menerapkan protokol kesehatan lewat protap 4M dengan mengedepankan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” tandas Joy.