Pelatihan Kewirausahaan bagi orang asli Papua, yang berlangsung di Coreinn Hotel Merauke, Rabu (26/8). Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Papua Muda Inspirasi berkolaborasi dengan alumni Wirabangsa Kemenko PMK dan inisiatif bisnis ekonomi kerakyatan (IBEK), melaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi Orang Asli Papua (OAP) di Merauke.

Selain mendorong pertumbuhan ekonomi, kegiatan ini juga bertujuan untuk menubuhkembangkan jiwa kewirausahaan bagi pemuda serta masyarakat OAP di Kabupaten Merauke. Kemudian, mendorong bangkitnya pelaku wirausaha yang selama ini sudah menjalankan usahanya, baik dari sisi produk, planning maupun sistem pemasaran produk.

“Tujuan berikut, meningkatkan kapasitas building kewirausahaan baik dari segi pengaturan keuangan maupun target market wirausaha,” sebut Ketua Panitia Kegiatan, Suyatmadi, di Coreinn Hotel Merauke, Rabu (26/8).

Dikatakan, target kegiatan ini, menjadikan pemuda dan masyarakat asli Papua di Merauke menjadi wirausaha tangguh, berkesadaran lingkungan serta menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 26-27 Agustus 2020 di Coreinn Hotel Merauke yang diikuti 30 peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Tidak berhenti di pelatihan saja, selanjutnya akan dibarengi dengan pendamping. Untuk itu, dinas terkait diharapkan ikut mendukung dalam proses lebih lanjut terutama dukungan fasilitas produksi maupun permodalan.

Usai kegiatan, peserta akan diberikan sertifikat dan bantuan peralatan untuk mendukung kegiatan berwirausaha.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke, Zem Reimes Imbenai mengatakan, dengan bekal pelatihan menjadi peluang bagi peserta, untuk berinovasi dan jadikan sesuatu yang baru guna mendatangkan penghasilan.

“Kita tida bisa menutup diri di era keterbukaan, era teknologi informasi. Kita tinggalkan rasa malu dan minder. Kita harus bisa menemukan jati diri kita bahwa kita bisa,” ajaknya.

Lanjut dikatakan, Merauke punya potensi besar dari hasil laut, maupun pertanian yang belum semuanya diolah untuk dijadikan sumber penghasilan.

“Potensi kita ada, tinggal kemauan kita saja untuk menghadirkan sesuatu yang baru dalam kewirausahaan,” tutur Zem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda