Foto bersama staf dinas Dukcapil Sorong Selatan bersama kepala dinas, George Japsenang. Foto ist.

TEROPONGNEWS.COM, TEMINABUAN- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menyikapi penyebaran covid-19 di Sorsel, akan melakukan beberapa program kegiatan yang sesuai dengan protokol kesehatan secara Ketat.

Hal tersebut disampaikan kepala dinas Dukcapil Sorong Selatan, Drs George Japsenang, M.Si, saat pertemuan bersma stafnya di Teminabuan, Sabtu (22/8/2020).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Petugas dinas Dukcapil lakukan pemetaan tempat duduk ditengah pandemi Covid-19. Foto ist.

Dikatakannya, ada lima program kegiatan yang sesuai dengan standar protokol kesehatan C-19. “Kami telah sipkan lima program kegiatan yang akan diterapkan untuk menyikapi sekaligus mengantisipasi penyebaran virus corona di Sorong Selatan,” ujar George Japsenang, Minggu (23/82020).

Lima program yang akan dilakukan adalah:

  1. Membuat Tambahan Ruang Tunggu ( Kanopi ) di sampai kantor dinas. Dimaksudkan. Agar warga bisa menunggu hasil prodak pelayanan. Dan juga sebelum warga di panggil sesuai nomor antrian.
  2. Membuat pemBatas pelayanan dengan bahan plastik antara warga masyarakat dan petugas dukcapil.
  3. Tambahan meja untuk Jarak pelayan PEREKAMAN KTP ELEKTRONIK. ( SIDIK JARI DAN IRIS MATA) JARAK DI PERLUS sekitar 1 meter dari petugas.
  4. Membuka Loket Baru khusus untuk BIDANG PENCATATAN SIPIL di samping Kantor. ( Dimaksudkan agar warga tidak bersentuhan dengan petugas)
  5. Penyiapan Peralatan Alat Pelindung Diri ( APD) sesuai standar berupa baju astronot. Masker. Sarung tangan. Tempat cuci tangan. kursi , meja,. Dan pengukuran suhu. Serta setiap minggunya di lakukan penyemprotan.

Kata mantan kepala Distrik Teminabuan itu, pihaknya sementara menyiapkan fasilitas pendukung, bertempat di kantor dinas Dukcapil Sorong Selatan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Sambil menunggu pekerjaan fisik pada kantor dinas. Pelayanan tetap dilanjutkan dengan menggunakan Inivasi pelayanan online dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti biasanya. Silahkan warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dapat menghubungi petugas petugas kami. Pada jam kantor yaitu jam 09-13 30 WIT. saya ingatkan warga dapat menghubungi petugas kami pada jam kantor. Di luar jam kantor petugas kami TDK dapat melayani saudara saudari,” tegasnya.

Pihaknya juga akan tetap melakukan simulasi pelayanan secara langsung apabila sarana dan prasarana kami sudah siap.

“Untuk keamanan bagi pegawai Dinas Dukcapil telah kami siapkan tempat cuci tangan atau handsanitizer, mengatur jarak atau melakukan physical distancing antar pegawai dengan masyarakat yang datang, dan juga mewajibkan semuanya untuk menggunakan masker. Pelaksanaan ini merupakan komitmen dinas Dukcapil Sorsel,” jelas Japsenang.

Menurutnya, pelayanan online ini hanya menggunakan ponsel pintar, masyarakat dapat melakukan proses pelayanan. yang tidak dibatasi akan ruang dan waktu. Dalam pelayanan online ini, petugas biasanya memohon lampiran nomor HP dan alamat email warga yang masih aktif.

“Saya berharap walaupun masa pandemi Covid-19 ini kita harus aktif dan mencari pola pola baru dalam model pelayanan. Harus mampu beradaptasi dengan situasi. Harus lebih pandai dan harus membuat karya baru. Inovatif dan kreatif dalam menghadapi situasi ini. Saya juga minta para petugas atau staf saya untuk berhati-hati melayani masyarakat, utamakan protokol kesehtan,” tandas mantan kepala bagian Tata Pemerintahan Sorsel itu.

You May Also Like

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

Waduh..! Balon Bupati Teluk Bintuni Dilaporkan Istri Pertamanya

TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Salah satu bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Teluk…