Berita

Gubernur PB Resmikan Tiga Pelabuhan di Raja Ampat, Bupati AFU Mengaku Bangga

×

Gubernur PB Resmikan Tiga Pelabuhan di Raja Ampat, Bupati AFU Mengaku Bangga

Sebarkan artikel ini
Foto bersama gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, usai menandatangani berita acara peresmian pelabuhan di Waisai. Foto Humas R4.

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI- Gubernur Papua Barat (PB) Drs Dominggus Mandacan, dalam kunjungannya ke kabupaten Raja Ampat bersama isteri dan rombongan, bertujuan meresmikan sejumlah fasilitas umum di kabupaten Raja Ampat, Sabtu (22/8/2020).

Fasilitas umum yang diresmikan diantaranya Pelabuhan Marina Wisata, Pelabuhan Kapadiri dan Pelabuhan Kofiau yang dilakukan secara simbolis di pelabuhan Falaya kota Waisai kabupaten Raja Ampat.

Dalam sambutannya, Dominggus Mandacan menjelaskan terkait undang-undang Pelayaran, dimana terdapat didalamnya pelabuhan laut dan pelabuhan perairan.

4318
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Oleh sebab itu, pemerintah provinsi Papua Barat menyiapkan operasional yang merujuk kepada pemkab Raja Ampat untuk mengajukannya ke KSOP Sorong agar menyiapkan fasilitasnya guna menunjang keselamatan pelayaran kedepan.

Gubernur Mandacan, berharap ketiga pelabuhan yang baru saja diresmikan di kabupaten Raja Ampat itu, dapat berfungsi dan melayani masyarakat semaksimal mungkin antar pulau dan kampung khususnya di wilayah-wilayah pesisir.

Sementara itu, bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) ketika dihubungi, mengaku bangga atas diresmikannya ketiga pelabuhan tersebut.

Dikatakan, dengan dibukanya ketiga pelabuhan itu, maka secara otomatis akses ke pulau-pulau dan kampung-kampung pesisir sudah bisa dijangkau dengan cepat menggunakan kapal.

“Saya sendiri merasa bangga, karena dengan diresmikan pelabuhan dan dermaga ini, tentunya akses menuju ke pulau-pulau dan kampung-kqmpung di pesisir tentunya sudah bisa dijangkau dengan kapal berkapasitas besar,” ujar bupati Abdul Faris Umlati.

Menurut AFU, kabupaten Raja Ampat adalah kabupaten kepulauan yang terdiri dari 80 apersen adalah lautan dan 10 persen adalah daratan, oleh sebab itu dirinya berharap pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat menaruh perhatian untuk membangun dermaga di daerah-daerah pesisir, gunanya untuk memajukan Pariwisata di Raja Ampat.