Tim penyelam saat membentangkan bendera merah putih didasar laut Matan. (Source: Sorongdivingteam)

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI, Sorong Diving Team (SDT) bentangkan bendera merah putih di bawah laut Matan, Kabupaten Raja Ampat, Minggu (16/8/2020).

Pulau Matan dipilih karena kondisi karakteristik bawah lautnya sangat mendukung. Mudah diakses dari Kota Sorong apalagi di perairan pulau ini amat sering dijumpai biota laut eksotik.

Pada kedalaman kurang lebih 11 meter, tiga orang penyelam perempuan yang sangat berpengalaman ikut mengerek bendera. Mereka, Mega, Truly, Ningsih sudah mempunyai jam selam yang panjang, mereka penyelam guide berpengalaman.

“Meski dalam air, para penyelam melakukan penghormatan dengan khidmat kepada bendera Merah Putih dengan berjejer teratur pada kedalaman 10 sampai 11 meter. Kedalaman ini dipilih karena menyesuaikan dengan batas kemampuan rata-rata para penyelam yang tergabung di dalam event ini,” kata Hengky, leader pada pengibaran.

Hengly Tamalonggehe, menjelaskan bahwa ketiga perempuan tersebut dipilih karena memiliki kemampuan neutral bouyancy yang terbaik.

Menurutnya, pada pilihan kedalaman ini mempertimbangkan proses penanganan yang masih mudah dijangkau jika para penyelam mengalami kendala.

“Di samping itu, proses evakuasinya juga dapat dilakukan sesuai dengan protokol keselamatan penyelaman dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai,” tambahnya.

Selain menggelar acara pengibaran bendera oleh 75 penyelam, para penyelam juga melakukan aksi pungut sampah plastik di bawah laut dan pantai. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap eksosistem laut yang saat ini sudah mulai tercemar oleh sampah.

“Sampah selain merusak ekosistem, juga dapat mengurangi estetika bawah laut. Bagi para peserta aksi yang memungut sampah terbanyak, akan memperoleh hadiah khusus oleh SDT sebagai panitia penyelenggara,” sebut Hengly.

Acara ini mendapat atensi kaum muda Kota Sorong meski dirayakan di Pulau Matan. Selain Pertamina Refinery Unit VII Kasim sebagai sponsor utama, juga ada beberapa pihak yang mendukung acara ini sehingga berjalan dengan lancar antara lain: Kurabesi Explorer, PT PLN (Persero) UPPPB dan UP3 Sorong, Bank Sampah Sorong Raya dan Bakarya Production.

“SDT menyampaikan apresiasi kepada para pihak yang telah membantu persiapan acara perayaan hari besar Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 in di Pulau Matan,” ujar Kepala Kantor SAR Kota Sorong, Mochammad Arifin. S.AN., M.M yang juga merupakan ketua SDT.

“Mudah-mudahan masih banyak momentum setelah ini untuk kita gunakan sebagai ajang silaturahmi. Berbagi pengalaman ilmu penyelaman, saling ajak untuk peduli terhadap ekosistem bawah laut. Intinya, never dive alone! Dirgaharu NKRI, jayalah SDT!” seru Arifin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda