Berita

Selama Sepekan, Tercatat Ada 17 Kejadian Gempabumi Di Papua Barat

×

Selama Sepekan, Tercatat Ada 17 Kejadian Gempabumi Di Papua Barat

Sebarkan artikel ini
Peta seismitas Papua Barat Periode 17 s/d 23 Juli 2020.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Berdasarkan rekaman gempabumi yang tercatat di peta seismitas Stasiun Geofisika Kelas I Sorong Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Periode 17 – 23 Juli 2020 tercatat ada 17 kejadian gempa bumi di wilayah Papua Barat.

1334
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala Stasiun Geofisika Sorong, Andri Bidang mengatakan bahwa aktivitas gempa itu terjadi atas 7 Cluster (peta seismitas) meliputi daerah Sorong, Tambrauw, Manokwari, Teminabuan, Ransiki, Teluk Wondama, dan Kaimana.

“Gempa bumi tersebut disebabkan karena adanya sesar-sesar lokal pada daerah tersebut,”jelas Andri Bidang kepada Teropongnews.com, Jumat (24/7/2020).

Kendati demikian, pada periode ini tidak terdapat aktivitas gempabumi yang dirasakan, karena gempa hanya berkisar antara Magnitudo 3.1 hingga Magnitudo 5.1 dengan Kedalaman gempabumi bervariasi antara 0 KM hingga 300 KM.

“Kami BMKG Sorong akan terus memonitor aktivitas gempa dan menginformasikan kepada masyarakat,”pungkas Andri.