Anggota Satkorcab Banser Kabupaten Sorong membagikan makanan kepada warga RT 05 RW 07 Kelurahan Malawei Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Sabtu (18/7/2020) malam. (Foto:Tantowi/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Warga di Kelurahan Malawei Distrik Sorong Manoi Kota Sorong yang menjadi korban banjir, mengeluhkan keberadaan Pemerintah Kota yang belum memberikan perhatian terhadap mereka.

Hingga hari kedua sejak dilanda musibah banjir, belum ada bantuan apapun yang diterima, selain dari lembaga swasta dan kelompok masyarakat.

Fakta ini diungkapkan mereka ketika menerima pembagian bantuan makanan dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (NU Care-LazisNU) Kabupaten Sorong dan Kota Sorong, Sabtu (18/7/2020) malam.

“Belum ada Pak. Baru tadi siang saja ada kelompok dari ibu-ibu, dan malam ini dari Banser,” kata Samsul, warga RT 05 RW 07 Kelurahan Malawei Distrik Sorong Manoi.

Pernyataan itu juga dibenarkan Sufriali Kastella, Wakil Ketua RT 05. Pada Rabu (15/7/2020) hingga Kamis pagi, seluruh rumah warganya terendam banjir akibat hujan deras dan meluapnya sungai yang ada di komplek padat penduduk itu.

Warga memilih mengungsi untuk menyelamatkan diri, dan meninggalkan barang-barang yang ada di rumahnya. “Banyak barang elektronik yang rusak terendam air. Sampai sekarang masih juga banyak lumpur di dalam rumah,” kata Kastella.

Bantuan mendesak yang dibutuhkan warga saat ini, adalah air bersih untuk membersihkan tempat tinggal dan perabot mereka. Sementara sumur yang biasa digunakan warga, tidak mencukupi karena kebutuhan warga dalam waktu yang bersamaan.  “Kalau bisa pemerintah kota segera bantu kami air bersih,” tandasnya.

Warga RT 05 RW 07 Kelurahan Malawei Distrik Sorong Manoi yang menjadi korban banjir, menyambut bahagia bantuan makanan yang dibagikan anggota Banser Kabupaten Sorong. (Foto:Tantowi/TN)

Sementara bantuan makanan yang dibagikan anggota Banser Kabupaten Sorong pada Sabtu malam, adalah hasil olahan dari Dapur Umum yang dibuka LazisNU Kabupaten Sorong di komplek MI Ma’arif Jl Basuki Rahmat Kilometer 9,5 Kota Sorong.

Berkolaborasi dengan LazisNU Kota Sorong, kegiatan ini merupakan kepedulian keluarga besar PCNU Kabupaten Sorong. Seluruh badan otonom organisasi ini terlibat, mulai Muslimat, Fatayat, Ansor Banser, IPNU, IPPNU, Pagar Nusa, PMII.

Dalam gerak cepat peduli korban banjir ini, sedikitnya 200 bungkus nasi bisa dibagikan ke warga yang ada di kompleks belakang GOR Kota Sorong itu.

Selain membuka Dapur Umum, LazisNU Kabupaten Sorong juga membuka donasi untuk masyarakat yang ingin memberikan bantuan untuk korban banjir.

Ketua LazisNU Kabupaten Sorong, Aji Parluji menjelaskan, donasi bisa diberikan dalam bentuk bahan makanan, makanan siap saji, pakaian layak pakai maupun bantuan uang.

“Untuk donasi uang, bisa langsung di transfer ke rekening BRI nomor 5076.01.035031.53.5 atas nama LazisNU Kabupaten Sorong. Kami akan teruskan bantuan itu ke saudara-saudara kita yang terkena musibah,” ucap Aji Parluji. **  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

Waduh..! Balon Bupati Teluk Bintuni Dilaporkan Istri Pertamanya

TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Salah satu bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Teluk…