Kapolda Tegaskan Netralitas Polri di Pilkada 2020

Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar saat memberikan arahan dalam Anev bersama PJU Polda Maluku. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, harus menjunjung netralitas Polri dalam pelaksanaannya. Hal ini disampaikan langsung Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar saat memberikan arahan dalam Anev bersama PJU Polda Maluku.

Hadir dalam giat tersebut, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Pejabat Utama Polda Maluku, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease dan Kapolres Maluku Barat Daya.

Kapolda menegaskan, Dalam menghadapi pilkada serentak polisi harus menjunjung netralitas Polri dalam pelaksanaannya.

“Jangan coba untuk bermain-main, apabila ada paslon yang datang meminta dukungan dan doa, maka kita akan sebatas mendoakan, soal hasil kita kembalikan pada pemungutan suaranya yang akan kita awasi, dan kawal agar berjalan jujur dan adil,” tegas Kapolda kepada wartawan, Rabu (15/7).

Dalam pelaksanaan tugas pengamanan pilkada ini, Kapolda meminta polisi untuk tidak main-main. Dalam pelaksananan pengamanan, harus mengatur dengan baik dalam pendistribusian anggota, harus benar-benar diperhatikan berapa jumlahnya, dan dimana saja ditugaskan.

“Pilkada di Maluku, para Kapolres yang akan melaksanakan pilkada di wilayah masing-masing harus teguh memegang prinsip dalam pelaksanaan tugas,” tandas Kapolda.