Pengaman Abrasi Pantai di Takalar Sementara Dibangun

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman meninjau proyek pembangunan pengaman abrasi pantai, di Kabupaten Takalar, Jumat (10/7). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman meninjau proyek pembangunan pengaman abrasi pantai, di Kabupaten Takalar, Jumat (10/7).

Wakil Gubernur Sulsel mengelilingi lokasi abrasi yang diketahui terjadi di tiga dusun, yakni Dusun Sampulungan, Sampulungan Caddi, dan Sampulungan Lompo.

Wagub Sulsel mengaku, pembangunan pengaman abrasi di Galesong Takalar dengan nilai kontrak Rp 10.884.879.000 telah mencapai 38 persen.

“Alhamdulillah progress sudah 39 petsen pembangunan pengaman abrasi di Galesong Takalar,” ungkap Andi Sudirman.

Ia menyebutkan sesuai perencanaan hingga akhir tahun akan selesai sekitar 400 meter. “Perencanaan selesai sekitar 400-an meter hingga akhir tahun. Insya Allah tahap kedua akan dilanjutkan dengan dua kali anggaran tahun 2020, dan ini sudah diusulkan untuk tahun 2021,” kata dia.

Sebagai informasi, lokasi abrasi pesisir telah berdampak ke masyarakat sekitar, bahkan rumah warga dan pekuburan terkikis hingga kain kafan terlihat. Abrasi ini sudah terjadi sejak tahun 2018, dan pernah membuat tanah pekuburan amblas.