Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Merauke, Elias Mite. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-PNG Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua sudah capai 100 peren. Tinggal menunggu personil dari petugas Badan Nasional Pengelola Perbataan (BNPP) pusat, dan peresmian yang rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

“Seharunya peresmian pada bulan April, tapi karena bencana Covid-19 membuat kita tidak mengetahui kapan akan diresmikan,” ujar Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Merauke, Elias Mite, Kamis (9/7) di ruang kerjanya.

Elias mengatakan, setelah beberapa waktu ditutup sementara, PLBN Sota saat ini sudah mulai dibuka. Masyarakat dijinkan untuk bisa berkunjung di areal PLBN Sota dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Sebab, petugas tidak mengijinkan pengunjung yang tidak memakai masker saat berkunjung di sana.

“Kemarin ada yang tidak pakai masker, kita suruh pulang. Ini dibangun untuk kepentingan kita bersama, tetapi harus memperhatikan kesehatan bersama juga,” pungkasnya.

Selain itu, masyarakat diijinkan memanfaatkan tempat atau los-los yang tersedia, guna menjajakan dagangannya. Di antaranya makanan, souvernir, dan ekonomi kreatif seperti minyak kayu putih asli Merauke maupun produk lokal lainnya.

Belum berakhirnya pandemi Covid-19, warga perbatasan diimbau untuk tidak melakukan pelintasan ke wilayah PNG, tetap waspada dan melakukan aktivitas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda