Satgas Yonif Mekanis 516/CY Ajar Generasi Perbatasan Membaca

Suasana belajar bersama generasi perbatasan di Boven Digoel. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BOVEN DIGOEL – Menjaga perbatasan Indonesia PNG dari penyusupan sudah menjadi tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI). Meski menghadapi berbagai keterbatasan, namun prajurit Satgas Yonif Mekanis 516/CY berjuang melaksanakan seluruh tugasnya dengan baik.

Komandan Satgas Yonif Mekanis 516/CY, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P mengatakan, selain melaksanakan tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan Indonesia-PNG, Satgas Yonif Mekanis 516/CY juga diwajibkan mampu membina masyarakat setempat.

“Kami bekerja sama dengan warga melakukan berbagai kegiatan. Seperti memberi penyuluhan pertanian, berkebun, serta proses belajar mengajar di daerah penugasan,” terangnya, Kamis (2/7) dalam rilis.

Ini yang dilakukan Satgas Yonif Mekanis 516/CY khususnya Pos Kout yang dipimpinan Kapten Inf Wasidi selaku Wadan Satgas. Salah satu anggota dari pos Kout diwakili Serda Rozi mengajar anak-anak membaca di pos setiap sore. Rata-rata anak di usia 10 tahunan dan mereka sedang libur di masa pandemi Covid 19 ini diajarkan Serda Rozi untuk mengisi waktu luang mereka,

“Dari pada kalian bermain lebih baik kalian belajar membaca agar tidak lupa dengan pelajaran sekolah,” kata Serda Rozi.