Pasien terkonfirmasi Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh setelah dua kali swab dengan hasil negatif. Mereka diantar pulang oleh Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong, usai upacara pemulangan di Kantor Bupati Sorong, Kamis (02/7/2020). (Foto:Tantowi/TN)

TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Kinerja tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong yang bersinergi dengan TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat dalam menanggulangi pandemi virus corona, semakin membuahkan hasil menggembirakan.

Dari total 51 pasien yang terkonfirmasi virus corona dan menjalani karantina khusus, berangsur-angsur dikembalikan ke keluarga masing-masing setelah dinyatakan sembuh. Terakhir, tim Satgas Covid-19 Kabupaten memulangkan empat orang pasien pada Kamis (02/7/2020) siang.

Dengan pemulangan pasien itu, praktis jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 Kabupaten Sorong yang sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan, sebanyak 47 orang.

“Jumlah kesembuhan pasien mencapai 92,16 persen. Masih tersisa 4 orang lain yang masih dalam proses penyembuhan di ruang karantina,” kata Ir. Mohammad Said Noer MSi, Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong.

Dari empat orang itu, dua orang berada di ruang karantina Gedung Dharma Wanita, 1 orang dalam perawatan di RS Sele Be Solu dan 1 orang lagi di rawat RS Pertamina. “Dua orang yang ada di Dharma Wanita, nanti akan kita swab lagi untuk memastikan kondisinya,” tandas Said Noer.

Sementara dari empat pasien yang baru saja dipulangkan, 1 orang berasal dari Jayapura, 1 orang dari Surabaya dan dua orang dari Distrik Salawati. Pasien asal Jayapura yang dirawat oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong ini, adalah pasien terakhir dari klaster Gowa.

Sedangkan 1 orang yang dari Surabaya, adalah pekerja yang saat itu hendak pulang kampung, tapi terdeteksi lebih dini terkonfirmasi corona, saat dilakukan swab. Untuk dua orang dari Distrik Salawati, merupakan keluarga dari pasien klaster Gowa.

Ke empat orang ini, dinyatakan negatif dua kali berturut-turut, setelah dilakukan swab terakhir pada 23 Juni 2020 lalu. “Untuk dua orang dari Distrik Salawati ini merupakan Ibu dan nenek dari bayi Soraya yang lahir pada 14 Juni lalu. Bayi dan bapaknya, sudah lebih dulu dipulangkan, sekarang giliran ibu dan neneknya,” ujar Said Noer.

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH MSi

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH MSi terlihat girang menyikapi perkembangan kesembuhan pasien Covid-19 itu. Dengan sisa pasien yang masih dalam perawatan, sedikit lagi Kabupaten Sorong akan mendeklarasikan sebagai Zona Hijau ditengah Pandemi Covid-19.

“Tentu situasi dan kondisi ini harus sama-sama kita jaga, dipertahankan dengan tetap menjalankan protokoler kesehatan agar corona bisa pergi dari Kabupaten Sorong,” kata Johny Kamuru, sumringah. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda