Warga Kelurahan Klademak RT.I dan RT.II/RW.IV Saat mengikuti rapid tes. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga Kelurahan Klademak RT.I dan RT.II/RW.IV antusias mengikuti rapid test gratis yang dilakukan di Pasar Yohan, Jumat (26/06/2020).

Kepala Kelurahan Klademak, Dorthea Jumame, S.IP mengatakan, sebelum dilakukan rapid test, pihaknya telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga.

“Kami sudah melakukan sosialisasi 3 kali, baik di Mapura maupun Bukit Tabor. Memang dulu kami belum bisa lakukan rapid test seperti ini, karena dulu alatnya terbatas. Tapi karena ada perintah dari pak Walikota untuk melakukan rapid test di tempat-tempat yang ramai atau beresiko. Maka kami melakukan kegiatan rapid test seperti sekarang ini,” kata Kepala Lurah.

Sementara itu, kepala puskesmas Sorong Vien J. SKM.,KM. mengatakan bahwa semua warga terlibat dalam kegiatan rapid test, termasuk mama-mama dan para lansia yang berjualan di Pasar Yohan.

“Rapid test gratis ini dilakukan di tempat-tempat yang grafik aktifitasnya tinggi dan padat, dimana masih ada warga yang tidak menggunakan masker, sehingga dengan dilakukan rapid test maka kita dapat mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan warga di sekitar daerah tersebut,”ungkapnya.

Diakuinya, untuk Distrik Sorong sendiri sudah ada warga yang berstatus OTG positif, dimana warga tersebut telah dikarantina di Diklat Kampung Salak. Setelah menjalani perawatan, kini warga tersebut sudah sembuh, sehingga Distrik Sorong yang sebelum adalah zona merah, kini telah turun menjadi zona kuning.

“Bahkan berdasar data update terbaru, status pasien positif di Distrik Sorong sudah tidak ada. Untuk yang rapid test gratis saat ini, sebelumhya mereka harus cuci tangan, lalu antri dan menunjukan KTP, kemudian dilakukan rapid. Warga yang mengikuti rapid dikasih satu butir telur rebus, coklat silver queen dan susu ultra,” pungkas kepala Puskesmas .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda