Murtoyo, Lurah Maklalut, Kapolsek Aimas AKP Farial M Ginting dan Kepala Distrii Mariat (Amat Daroji, menyerahkan bantuan pupuk ke petani di kelurahan Maklalut, dalam rangka menyiapkan ketahanan pangan sebagai kampung berdikari di era tatanan kehidupan baru. (Foto:Tantowi/TN)

TEROPONGNEWS.COM, MARIAT – Kampung Maklalut Distrik Mariat, dijadikan percontohan sebagai kampung berdikari dalam rangka menyambut kehidupan normal baru (new normal) di tengah Pandemi Covid-19.

Kapolres Sorong, AKBP Robertus A.Pandiangan S.Ik MH menjelaskan, ada tiga ketahanan yang dipersiapkan dalam kampung berdikari tersebut. Selain ketahanan kesehatan,  juga ada ketahanan keamanan dan ketahanan pangan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Langkah penerapan ketahanan kesehatan, masyarakat setempat dilatih mendisiplinkan diri menggunakan masker, menyiapkan pencuci tangan di setiap depan rumah dan menghindari kerumunan massa jika tidak perlu.

AKBP Robertuas A.Pandiangan S.Ik MH, Kapolres Sorong.

“Saya lihat juga sudah ada portal yang dipasang, untuk mendeteksi keluar masuknya warga. Di portal, disiapkan pendeteksi suhu badan, dan jika ada yang suhu badannya melebihi 37,5, akan kita undang petugas dari Satgas untuk melakukan penanganan lebih lanjut,” kata Pandiangan, Kamis (25/6/2020).

Dengan adanya portal, otomatis berfungsi sebagai deteksi dini setiap orang yang tidak dikenal keluar masuk kampung. Dengan demikian, kata Pandiangan, tindak kriminal bisa dicegah lebih dini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sementara untuk menerapkan ketahanan pangan, saat ini kegiatan perekonomian mandiri sudah mulai berjalan. Setiap potensi ekonomi masyarakat yang ada di kelurahan Maklalu, diberdayakan dengan maksimal, mulai dari sektor peternakan, perikanan hingga pertanian.

Untuk mendukung ketahanan pangan, Polres Sorong memberikan bantuan benih dan pupuk terhadap petani Maklalut. Bantuan ini diserahkan Kapolres Sorong kepada warga, melalui Kapolsek Aimas, AKP Farial M Ginting.

“Jika pilot project di Kelurahan Maklalut ini bisa berjalan dengan baik dan diikuti seluruh kelurahan atau kampung yang ada di Kabupaten Sorong, otomatis kita bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19,” tandas Pandiangan.

Kelurahan Maklalu yang ada di belakang Mapolsek Aimas, saat ini dihuni oleh sekitar 250 Kepala Keluarga atau 950 jiwa. Menurut Murtoyo, Lurah Maklalut, mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, peternak dan buruh bangunan.

“Terima kasih kepada Polres Sorong yang telah menjadikan Kelurahan Maklalut sebagai pilot project kampung berdikari. Semoga ini bisa menginspirasi kelurahan atau kampung lain di Kabupaten Sorong,” kata Murtoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

Waduh..! Balon Bupati Teluk Bintuni Dilaporkan Istri Pertamanya

TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Salah satu bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Teluk…