Bupati Merauke, Frederikus Gebze membuka apel pembukaan kembali penerbangaan penumpang Bandar Udara Mopah Merauke, Kamis (18/6). Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Penerbangan penumpang di Bandara Kelas 1 Merauke kembali dibuka, setelah sebelumnya ditutup karena Covid-19. Bupati Merauke, Frederikus Gebze menegaskan, orang luar yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Merauke, harus bebar-benar dipastikan sehat atau bebas Covid-19.

Penegasan ini disampaikannya dalam apel pembukaan kembali penerbangaan penumpang Bandar Udara Mopah Merauke, Kamis (18/6). Apel yang diikuti semua instansi dan stakeholder terkait ini, dilakukan di Halaman Bandara Mopah, ditandai dengan penyerahan SK Bupati kepada Kepala Bandara Mopah, Thomas A. Edison.

“Orang yang masuk ke Merauke harus yang sehat, bebas Covid-19,” tegas Freddy dalam arahannya.

Untuk itu, baik pihak maskapai, petugas bandara, dan semua yang menangani bandara sesuai tupoksi masing-masing, wajib mengutamakan tindakan dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Pembukaan penerbangan penumpang di Bandara Mopah, menurut Freddy, mulai diberlakukan tanggal 19 Juni 2020. Tetap ada batasan bagi penumpang, dan juga memenuhi protokol kesehatan.

“Sementara ini belum ada permintaan terbang dari airlines, belum ada slot time ke kita, mereka harus persiapan dulu,” tambah Thomas.

Slot time adalah jadwal waktu kedatangan (arrival) dan keberangkatan (departure) yang dialokasikan oleh kordinator ATFM untuk pergerakan pesawat pada waktu/tanggal yang ditetapkan yang disesuaikan, atau diselaraskan dengan fasilitas bandara yang ada, atau jadwal menggunakan fasilitas tersebut.

Slot time ini adalah salah satu tool (sarana) dalam melaksanakan strategic air traffic flow management. Dengan slot time, jadwal yang menumpuk/terlalu padat dialokasikan ke waktu/jam yang renggang pergerakannya, sehingga kapasitas yang ada di suatu bandara dapat digunakan secara normal alias digunakan secara optimal, dan dengan menerapkan slot time ini dapat mengurangi penundaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda