Dinkes Lakukan Fogging Antisipasi DBD dan Malaria

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon melakukan fogging (pengasapan), guna mengantisipasi penyebaran penyakit oleh nyamuk. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon telah melakukan fogging (pengasapan), guna mengantisipasi penyebaran penyakit oleh nyamuk.

Kepala Dinkes Kota Ambon dr Wendy Pelupessy mengatakan, fogging dilakukan untuk mengantisipasi berbagai potensi penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk, diantaranya malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Saat ini, selain DBD masyarakat juga perlu mewaspadai penyakit malaria, karena faktor penyebabnya sama lewat gigitan nyamuk,” kata dia kepada wartawan, via seluler, Minggu (31/5).

Dikatakan, masyarakat harus melakukan tindakan pencegahan sejak dini, yang dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan. Sementara pihak pemerintah, kata dia, membantu dalam hal membunuh nyamuk dewasa melalui fogging.

“Jadi, untuk tindakan pencegahan lebih pada menjaga kebersihan lingkungan, karena sekarang ini sudah masuk penghujan. Kemudian dari dinkes sendiri telah lakukan pengasapan atau fogging,” ungkapnya.

Tindakan fogging, menurut Pelupessy, merupakan kegiatan untuk mencegah penyebaran nyamuk penyebab DBD, yang dilaksanakan setiap tahunnya, apalagi saat terjadi pergantian musim untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Selain fogging, kita juga giatkan abatesasi kita berikan secara gratis kepada masyarakat, dan dapat diperoleh di puskesmas terdekat. Tinggal ambil saja minta di puskesmas, atau puskesmas pembantu gratis,” tandas Pelupessy.