Jubir Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap,M.Empid. (Foto : Abe/TN)

Manokwari,TN- Gugus tugas penanganan penyebaran COVID-19 Provinsi Papua Barat per Sabtu 16 Mei 2020 mengumumkan 3 pasien positif virus corona dari Kabupaten Manokwari dinyatakan sembuh setelah swab mereka diperiksa dib alai laboratorium Makassar sebanyakan dua kali secara berturut-turut.

Tiga pasien positif covid-19 yang menjalanui perawatan di fasilitas Karantina Kesehatan Rumah Sakit Umum (RSUD) Provinsi adalah H. Abdullah Appe (62),  La Mara (65) dan Ruth Dolly Pagawak (20).

Ketiga pasien yang sembuh ini dilepaskan secara resmi oleh Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan ditandai dengan penyerahan surat keterangan sehat dan rangkaian pelepasan mererka dari fasilitas karantina kesehatan, Sabtu (16/5) sore.

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dan apresiasi, baik kepada pasien tersebut maupun seluruh tim dokter dan para medis yang telah bekerja keras

“Puji Tuhan, harini tiga orang dinyatakan sembuh, kesembuhan ini adalah kehendak Tuhan yang maha kuasa yang harus kita syukuri, mereka ini sudah sembuh sehingga harus diterima semua kalangan” tegas Dominggus.

Sementara itu, Juru bicara gugus tugas COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap,M.Empid mengungkapan update terbaru gambaran situasi pengembangan pasien positif di Provinsi ini 14 orang.

14 pasien positif terpapar corono virus disease 2019 (COVID-19) di Papua Barat berasal dari Kota Sorong 11 orang, Kabupaten Teluk Bintuni 2 orang dan Mankowari 1 orang.

Sesuai data yang dihimpun, identitas 2 pasien positif dari Kabupaten Teluk Bintuni masing-masing, berinisial WAD (52) jenis kelamin perempuan, alamat Modan Baru dan memiliki kontak erat dengan pasien positif sebelumnya berinisial IRA (35) perempuan.

Kemudian pasien positif covid-19 kedua berinisial BSH (52) jenis kelamin laki-laki berdomisili di Bina Desa, Bintuni TImur, dia memiliki kontrak erat dengan pasien yang sudah menjalani perawatan yakni MMT (31) jenis kelamin laki-laki.

Sementara identitas pasien Covid-19 dari Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari belum disampaikan tim gugus tugas daerah tersebut.

“Dengan penambahan 14 orang terkonfirmasi positif terpapar Corona menjadi total 102 orang maka dapat disampaikan sesuai urutan terbanyak, Kabupaten Sorong 29, Kota Sorong 28, Kabupaten Teluk Bintuni 21, Raja Ampat 15, Manokwari 7, Manokwari Selatan 1 dan Fakfak 1” ucap dr Arnold Tiniap.

Sedangkan OTG ada penambahan 19 orang berasal dari Kota Sorong 15, Kabupaten Manokwari Selatan 3 dan Raja Ampat 1 sehingga total 1022, yang masih dalam pemantauan 711 orang dan sudah selesai pemantauan 311 orang.

Orang dalam pemantauan (ODP) hanya penambahan 1 orang dari Kabupaten Raja Ampat maka totalnya 930 orang yang masih dalam pemantauan 131 orang dan sudah selesai pemantauan 799 orang.Pasien dalam pengawasan (PDP) penambahan 2 orang dari Kota Sorong jadi totalnya 65 orang, masih dalam pengawasan 17 orang dan sudah selesai pengawasan 48 orang. “Perlu juga kami sampaikan bahwa pasien yang sudah sembuh 5 orang yaitu 4 dari Kabupaten Manokwari dan 1 dari Kota Sorong” jelas dr Arnold sembari menghimbau kepada semua masyarakat untuk terus melakukan  upaya-upaya pencegahan dengan melaksanakan protokoler kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda