Tambah Lagi, Jumlah Pasien Covid-19 Kota Sorong Jadi 17 Orang

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, Rudy Laku. Foto mega/TN.

Sorong,TN – Pasien positif terpapar virus corona disease 2019 (Covid-19) di kota Sorong Papua Barat bertambah menjadi 17 orang, dari sebelumnya 9 orang. Penambahan ini setelah hasil Swab yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (Balitbangkes) Makassar beberapa waktu lalu.

“Hari ini kami telah mendapat hasil sampel dari Balitbangkes Makassar. Dengan berat hati kami sampaikan ada penambahan positif yang terdiri dari 8 orang positif baru dan positif lama 3 Orang. Jadi jumlah yang kami dapatkan hasilnya 11 orang,” jelas Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, Rudy Laku, Minggu (10/5).

Disebutkan Rudy, dari 8 orang positif baru tersebut yang pertama berinisia S, 38 tahun jenis kelamin laki-laki, kedua NA unur 43 tahun tahun jenis kelamin laki-laki, ketiga B umur 39 tahun jenis kelamin perempuan, keempat SK umur 34 tahun jenis kelamin perempuan, kelima AS umur 4 tahun perempuan, keenam YM umur 9 tahun jenis kelamin laki-laki , ketujuh RK umur 55 tahun jenis kelamin perempuan, kedelapan AF umur 15 tahun jenis kelamin laki-laki.

Sedangkan 3 pasien positif Covid-19 yang lama berinisial R umur 34 tahun jenis kelamin laki-laki, SJ umur 62 tahun jenis kelamin laki-laki, dan D umur 45 tahun jenis kelamin perempuan.

Rudy mengungkapkan, sebagian dari mereka ada yang mempuyai riwayat perjalanan dari luar (Cluster Gowa) dan sebagian lagi terpapar akibat transmisi lokal.

Kendati demikian, Rudy bersyukur karena ada satu orang yang dinyatakan sembuh setelah dilakukan pemeriksaan sampel dua kali berturut-turut dengan hasil negatif.

“Hasil hari ini kita bersyukur ada 1 pasien berinisial YT, umur 71 tahun dinyatakan sembuh. Hasil pemeriksaan sampelnya sudah dilakukan 2 kali berturut-turut dan hasilnya negatif. Yang bersangkutan masih dikarantina, kami menunggu petunjuk dari dokter yang menangani apakah dia bisa pulang atau tidak,’ungkap Rudy.

Dijelaskan Rudy, Dari 32 sampel yang dikirim pada 05 Mei 2020 lalu, hasil yang keluar sebanyak 30 sampel, sementara 2 sampel masih menunggu dari Balitbangkes Makassar.

Sementara update perkembangan Covid-19 di kota Sorong per 10 April 2020, yakni Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 56 orang. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) 163 orang dan selesai pemantauan 134 orang, sehingga yang masih dalam pamantauan 29 orang.

“Kemudian PDP 33 orang, selesai pengawasan 29 orang, sehingga sekarang yang masih dalam proses pengawasan 4 orang. Sementara yang meninggal totalnya masig 8 orang, terdiri dari 7 PDP dan yang 1 positif Covid-19,”pungkas Rudy.