Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule, Sp.OG (K). Foto ist.

Jayapura, TN – Kabupaten Supiori menambah daftar merah penyebaran virus corona di wilayah Papua per Selasa, 28 April 2020. Update terkini dua orang terkonfirmasi positif corona di kabupaten Supiori.

“Ini perlu menjadi perhatian, karena ada tambahan satu kabupaten di wilayah Saireri yang masuk dalam daftar penyebaran corona di Papua,” ujar dr Silwanus Sumule, Sp.OG (K), Jubir Satgas Covid-19 Papua, Selasa sore, (28/4).

Sumule mengatakan per hari ini, ada pertambahan 23 kasus baru yang berasal dari kabupaten Nabire sebanyak 13 orang, Biak sebanyak 6 orang, Supiori 2 orang, dan Kota Jayapura 2 orang. Ia menyebut, dari jumlah penambahan ini, tentu menambah daftar Panjang Kasus Covid Papua menjadi 178 kasus.

Mirisnya lagi, terjadi peningkatan signifikan jumlah positif di dua kabupaten yakni kabupaten Nabire dan Biak. Hal ini, katanya menjadi perhatian khusus, sehingga diharapkan kepada petugas medis yang berada di rumah sakit rujukan tempat pasien covid-19 di dua kabupaten ini, untuk sesegera mungkin mengambil tindakan.

“Semua petugas kesehatan agar perhatikan secara detail kondisi pasien ini, jika ada temuan kasus dan gejala harus sedini mungkin lakukan tindakan, pengalaman pertama kita di Kota Jayapura kegagalan kita tidak lakukan intervensi dari awal, sehingga ini menjadi pengalaman,“ katanya dengan harapan seluruh tenaga medis bergandengan tangan berikan pemantauan ektra terhadap temuan ini.

Hal yang sama juga diharapkan kepada Dinas Kesehatan di wilayah Saireri dan Meepago, untuk mengaktifkan semua tenaga survelles, untuk temukan awal mula kasus ini. “Cari OPD, Cari PDP, ketika sudah temukan, lakukan tes, jika ada positif segera lakukan tritement dan rujuk ke RS,” katanya.

Ia menghimbau seluruh masyarakat di kedua wilayah adat Saireri dan Meegapago, agar mendukung kinerja tim Covid. Segera lakukan komunikasi dengan petugas kesehatan. “ jika saudara ada kontak dengan pasien yang saat ini terkonfirmasi positif, agar sudara proaktif laporkan diri, segera hubungi dinas kesehatan baik Nabire, Supiori, Biak dan minta segera dilakukan tes, jangan takut, agar upaya pencegahan segera dilakukan,” kata Sumule.

Berikut rincian data kasus Covid -19 di Papua per Kabupaten :

Kabupaten Mimika dengan jumlah 45 kasus, di rawat 31 pasien, semnuh 11 orang, 3 orang meninggal. Kota Jayapura 44 kasus, 26 pasien dalam perawatan, pasien sembuh 19 orang, dan meninggal 3 orang. Kabupaten Jayapura jumlah 31 kasus, 17 perawatan, 9 orang sembuh dan 1 orang meninggal.

Kabupaten Nabire dengan jumlah kasus 16 semuanya dalam perawatan, Kabupaten Merauke 11 kasus, 5 orang perawatan dan 6 pasien sembuh. Kabupaten Keerom 10 kasus, rawat 8 pasien, 2 pasien sembuh. Kabupaten Biak Numfor 8 kasus dan semuanya dalam perawatan.

Kabupaten Sarmi 4 kasus, 2 pasien sembuh, dan 2 orang masih dalam perawatan, Kabupaten Jayawijaya 3 kasus, 1 orang sembuh dan 2 dalam perawatan, Kabupaten Mambermo Tengah 2 kasus, 1 orang sembuh dan 1 pasien dalam perawatan.

Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Supiori, masing-masing 2 kasus, dimana masing-masing pasien dari kedua kabupaten tersebut dalam perawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda