Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru membagikan makanan yang dimasak di Dapur Lapangan TNI-Polri, kepada mama-mama Papua penjual pinang di Tugu Merah. (Foto:Tantowi/TN)

Aimas, TN – Kolaborasi antara aparat TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Sorong ditengah wabah covid-19, sungguh luar biasa. Jika sebelumnya institusi ini bersinergi dalam penyemprotan disinfektan dan sosialisasi dalam mencegah penyebaran virus corona, kini mereka bahu membahu mendirikan Dapur Lapangan.

Sejak Senin (20/4/2020) lalu, tentara dan polisi serta pegawai dari pemerintah Kabupaten Sorong, secara bersama-sama memasak makanan, untuk dibagikan kepada masyarakat.

Kekompakan mereka yang dikemas dalam program ‘Bersatu Melawan Covid-19’ ini, bertujuan membantu meringankan beban masyarakat kecil yang ekonominya semakin susah akibat penyebaran virus corona.

“Setiap hari kita siapkan 200 kotak nasi untuk dibagikan kepada tukang ojek, mama-mama Papua penjual pinang dan sayuran, serta warga kurang mampu,” kata Juan Flora Adeltje SE, Kabag Humas Pemkab Sorong.

Bantuan makanan itu, memang tidak sepenuhnya mencukupi kebutuhan makanan masyarakat yang terpaksa tetap berada di luar rumah untuk mencari sumber penghidupan. Tetapi setidaknya, kata Juen, dapat membantu meringankan beban mereka.

“Dari Pemda juga membagikan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) kepada masyarakat, bersamaan dengan pembagian nasi kotak,” tambah Juen.

Anggota TNI dan Polri, dibantu relawan dari PSHT Cabang Sorong, memasak di Dapur Lapangan yang ada di alun-alun Aimas.

Dalam pengadaan makanan itu, TNI, Polri dan Pemda Kabupaten Sorong, berbagi peran. Tentara yang menurunkan pasukan dari Kodim 1802/Sorong, Denzipur 13/PPA  dan prajurit Yonmar 14 Sorong, bertugas menyiapkan perlengkapan dan memasak di dapur umum bersama-sama dengan polisi. Bahan baku masakannya, disiapkan pemerintah daerah.

“Kegiatan ini akan kita laksanakan selama satu bulan. Selama puasa, mungkin pembagian makanan akan kita sesuaikan lagi waktunya, menjelang berbuka puasa,” kata Kapten Inf. Eko Kuswandi, SE, Danramil Persiapan Aimas Kodim 1802/Sorong.

Sementara dijelaskan Mayor Bayu Nugroho, Komandan Denzipur 13/PPA, menjelaskan, selain menurunkan personil, pihaknya juga menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana seperti tenda, kompor lapangan dan mobil tangki air.

“Kebetulan kami punya fasilitas sarana dan prasarana itu, dan sekarang kami pergunakan di Dapur Lapangan ini, termasuk tenaga memasaknya. Inilah bentuk partisipasi kami, untuk bersama-sama dengan polri dan pemerintah daerah, untuk membantu meringankan beban masyarakat,” kata Mayor Bayu Nugroho.

Di hari ketiga penyiapan makanan dari Dapur Lapangan, relawan dari perkumpulan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Kabupaten Sorong, terlihat ikut ambil bagian dalam pembagian makanan. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda