Berita

Peserta JKN-KIS Di Sorong Selatan Apresiasi Layanan Chika

×

Peserta JKN-KIS Di Sorong Selatan Apresiasi Layanan Chika

Sebarkan artikel ini

Sorong Selatan, TN- Sejak diberlakukan kebijakan penyesuaian sejumlah pelayanan guna pencegahan penyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan kian gencar mengajak peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan layanan elektronik seperti aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses tanpa harus keluar dari rumah. 

1416
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Namun bagi beberapa masyarakat di daerah terpencil seperti Kabupaten Sorong Selatan dengan keterbatasan jaringan, Mobile JKN masih belum dapat dimaksimalkan oleh warga sekitar. 

Mengatasi kendala tersebut, BPJS Kesehatan juga menawarkan layanan lainnya yang dapat digunakan oleh masyarakat yang tinggal didaerah terpencil yaitu layanan Chat Assistant JKN (Chika). Dengan layanan Chika, peserta JKN-KIS mampu mendapatkan layanan seperti cek status peserta, cek tagihan iuran, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, mengubah data peserta, dan registrasi peserta. Adapun fitur Chika ini dapat diakses melalui beberapa media sosial seperti Facebook Messenger, Telegram, dan Whatsapp.

Salah satu peserta JKN-KIS yang telah menggunakan layanan Chika yaitu Richo (38) dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ia mengaku bersyukur dengan kehadiran Chika. Menurutnya, masih terdapat masyarakat Sorong Selatan yang cenderung rela mengantri dan bahkan menempuh jarak ke kantor kabupaten BPJS Kesehatan hanya untuk mengecek status maupun mengecek tagihan saja.

“Mudah digunakan sekali aplikasi ini, jadi kita tidak perlu repot-repot ke kantor. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini karena Covid-19, kita jadi bisa melakukan pengecekan status maupun tagihan dan layanan lainnya tanpa harus keluar rumah. Terima kasih banyak BPJS Kesehatan sudah mempermudah masyarakat di kampung seperti kami dalam mengurus kepesertaan kami,” ungkapnya, Jumat (17/04).

Ia menambahkan, adanya layanan Chika lewat media sosial Whatsapp tersebut sangat membantu peserta JKN-KIS di kampung karena responnya cepat dan masih bisa didukung dengan kondisi jaringan di sana.

“Beberapa kali saya temukan peserta yang jauh-jauh dari kantor hanya untuk cek tagihan atau cek kepesertaannya. Jadi sekarang saya sering menginfokan ke masyarakat di kampung saya agar tak perlu repot-repot lagi ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup lewat Chika ini,” ujarnya.