Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XI melaksanakan pembekalan kepada nelayan binaan Satrol Lantamal XI di sasana rekreasi kompleks Dermaga Macan Tutul Satrol Lantamal XI Merauke. Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Guna meningkatkan kewaspadaan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, di kalangan nelayan Merauke, Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XI melaksanakan pembekalan kepada nelayan binaan Satrol Lantamal XI di sasana rekreasi kompleks Dermaga Macan Tutul Satrol Lantamal XI Merauke.

Sebelum kegiatan dimulai, telah terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap nelayan, dan penyemprotan cairan disinfektan di semua alutsita Satrol serta area dermaga Macan Tutul oleh Tim Diskes Lantamal XI.

Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal XI, Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi memberikan penekanan kepada para nelayan, untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, agar terbebas dari Covid 19 dengan selalu menggunakan masker dimanapun berada, selalu menjaga jarak antar perorangan minimal 1 meter.

“Baik di dalam ruangan kapal maupun di luar, seperti yang dilaksanakan saat pembekalan ini. Rajin mencuci tangan dengan sabun, karena telah tersedia di area dermaga maupun yang terdapat di masing-masing kapal,” jelasnya, Senin (13/4) dalam rilisnya.

Selain itu, ia juga berpesan agar tetap berolahraga dan rutin mengkonsumsi air hangat. Agar penekanan ini dapat selalu diingat, para prajurit Satrol Lantamal XI telah memasang beberapa banner, di area dermaga yang berisikan peraturan dan tata tertib di area dermaga guna pencegahan Covid-19.

Lebih lanjut dikatakan, seluruh kapal ikan binaan Satrol Lantamal XI tidak luput dari program penyemprotan disinfektan oleh tim Diskes Lantamal XI yang dilaksanakan secara rutin dua kali dalam seminggu. Hal ini merupakan wujud dari penerapan pola hidup yang bersih dan sehat, agar terbebas virus berbahaya.

Lebih lanjut Dansatrol menekankan, Satrol Lantamal XI telah membuat tindakan antisipasi terhadap Covid-19, yakni dengan memberlakukan isolasi diri selama 14 hari kepada kapal binaan yang baru datang sehabis berlayar dan wajib dilaksanakan pemeriksaan suhu tubuh oleh Tim Diskes Lantamal XI.

“Dan apabila terdapat ABK yang memiliki gejala mirip Covid-19, wajib segera melapor petugas jaga untuk segera ditangani oleh petugas Kesehatan,” pungkasnya.

Acara tersebut mendapat sambutan positif dari para nelayan dengan adanya dialog interaktif berupa ruang tanya jawab, dari para peserta yang hadir dan dikemas dalam suasana santai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

Waduh..! Balon Bupati Teluk Bintuni Dilaporkan Istri Pertamanya

TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Salah satu bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Teluk…