Wali kota Sorong, Drs Lambert Jitmau, MM, ketika tinjau Eks RSUD kabuoaten Sorong. Foto Diskominfo kota Sorong.

Sorong, TN- Eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Sorong di Kampung Baru kota Sorong akan dijadikan sebagai tempat karantina dan perawatan pasien corona virus desiasis (Covid-19).

Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Covid-19 kota Sorong, Rudy R Laku, dalam keterangan pers online, Selasa (7/4).

“Pemerintah kota Sorong telah bekerja sama dengan pemkab Sorong untuk memakai gedung eks RSUD kabupaten Sorong sebagai tempat karantina dan perawatan pasien terinfeksi virus corona atau covid 19,” ujar Rudy Laku.

Dikatakan, penanggulangan pasien covid-19 di gedung bekas RSUD Kabupaten Sorong, nantinya akan dipimpinan oleh Dandenkes Korem 181 PVT/Sorong, Letkol CKM A. Ayomi.

“Kegiatan penanggulangan pasien corona virus di bekas RSUD kabuoaten Sorong, nantinya akan dipimoin oleh pihak TNI-AD, yang dipercayakan kepada Dandenkes Korem 181 PVT/Sorong, Letkol CKM A. Ayomi,” jelasnya.

Selain itu dikatakan, pemerintah kota Sorong juga telah menyiapkan lokasi pemakaman seluas satu hektar di kawasan kilo meter 11 masuk kota Sorong.

“Lahannya sementara dibuka, dan akan dipersiapakan untuk tempat atau lokasi pemakaman jenazah penderita corona virus di kota Sorong,” jelasnya.

Ruangan yang disiapkan guna isolasi dan perawatan bagi pasien virus corona di gedung bekas RSUD Kabupaten Sorong Kampung Baru Papua Barat akan dipindahkan ke bagian tengah agar sedikit jauh dari pemukiman warga setempat.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau di Sorong, Selasa mengatakan pemerintah daerah telah menyiapkan ruangan khusus untuk isolasi dan perawatan bagi pasien Corona di gedung bekas RSUD Kabupaten Sorong Kampung Baru.

Dia mengatakan ruangan yang disediakan bagi pasien corona tersebut di bagian belakang sedikit dekat dengan pemukiman warga setempat sehingga warga khawatir dan menolak.

Karena itu, kata Wali Kota, ruangan untuk penanganan pasien corona tersebut akan dipindahkan ke bagian tengah yang agak jauh dari pemukiman warga biar aman.

Dia mengatakan pihaknya sudah memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat di sekitar belakang bekas gedung RSUD Sorong agar mendukung pemerintah daerah dalam penanganan virus corona yang saat ini melanda Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa gedung bekas RSUD Kabupaten Sorong Kampung Baru tersebut akan digunakan sebagai tempat untuk perawatan pasien virus corona.

Menurut dia, penanggulangan pasien virus corona di gedung bekas RSUD Kabupaten Sorong Kampung Baru akan di pimpinan pihak TNI Angkatan Darat Dandenkes Sorong Letkol Ckm A. Ayomi.

“Sampai saat ini hanya dua orang pasien positif virus corona dan satu sudah meninggal dunia tersisa satu orang masih dalam perawatan dengan kondisi kesehatan semakin membaik. Mari kita sama-sama berdoa dan melakukan langkah pencegahan sehingga tidak ada lagi pasien yang baru,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda