Jayapura, TN –  Sebanyak 2,3 ton alat kesehatan tiba di d Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura menggunakan pesawat hercules A-1315 milik TNI Angkatan Udara pada Senin (30/3) siang.  Alat kesehatan ini merupakan bantuan dari Kementrian Kesehatan RI dalam rangka penanganan Covid-19 di Provinsi Papua.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, mengatakan, bantuan alat kesehatan yang tiba merupakan bantuan kedua yang didistribusikan untuk Provinsi papua,

“Jadi ada 2,3 Ton bantuan yang terdiri atas masker dan alat rapid tes,”katanya.

Ia menyebut rincian bantuan tersebut terdiri  atas 126 koli masker dan 6 koli alat rapid test. Selain itu pesawat hercules juga membawa sampel darah dari Merauke dan Mimika yang akan diperiksa di laboratorium Jayapura.

Kata Danlanud, TNI mendukung sepenuhnya  langkah pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona atau covid-19 di Papua. Menurutnya, misi penerbangan tersebut sebagai bagian dukungan TNI untuk membantu pemerintah provinsi papua untuk mencegah wabah ini meluas di Papua.

“Kami mendukung operasional pesawat yang membawa alat kesehatan. Kita juga fokus memonitor pesawat dari Jakarta yang masuk. Intinya mereka tidak membawa penumpang sesuai dengan keputusan pemerintah untuk membatasi orang masuk ke papua,” katanya.

Sekedar diketahui kembali, Per 29 Maret, 9 orang terdeteksi positive Covid-19, dengan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 43 orang dan orang Dalam Pemantauan Berjumlah (ODP) 5.569 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda