Merauke, TN – Dua kontainer sampah yang disiapkan untuk mendekatkan pelayanan sampah masyarakat selama sosial distanting covid-19 di Kota Merauke, ditarik kembali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Merauke.

Pasalnya, kontainer yang diletakan di Lapangan Jawa dan samping Kapsul Waktu sejak satu minggu lalu, tidak dimanfaatkan dengan baik. Warga justru membuang sampah di luar kontainer sehingga menyulitkan petugas untuk mengangkutnya.

“Petugas kita tidak mampu dan kesulitan mengangkat sampah. Bukannya diletakan dalam kontainer yang disiapkan malah buang di luar, sedangkan sampah sangat banyak,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dra. Harmini, Senin (30/03) saat dikonfirmasi via telepon.

Warga diarahkan untuk membuang sampahnya langsung ke tempat pembuangan sementara (TPS) di Jalan Dorem Kai, KPG. Di sana, terdapat alat berat yang akan membantu memudahkan petugas memindahkan sampah dari tumpukan ke mobil pengangkut sampah untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Bokem.

Menurut Harmini, mobile alat berat ke titik kontainer tidak bisa dilakukan karena akan memakan biaya sangat besar. Selain itu, alat berat yang tersedia hanya dikhususkan beroperasi di pusat TPS dan TPA.

Lanjut dikatakan, saat pandemik corona seperti sekarang ini, petugas harus lebih hati-hati karena resikonya sangat besar sehingga petugas sampah lebih meningkatkan kewaspadaan agar tidak tertular virus corona atau covid-19.

“Per hari ini, Senin, 30 Maret kami menarik kembali kontainer di dua tempat yang tidak dimanfaatkan. Karena tumpukan sampai sampai berton-ton sehingga resikonya besar dan petugas kami tidak mampu,” terang Kadis Lingkungan Hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda