Hewan Yang Dipotong di RPH Kendari Berkurang

Kendari, TN – Akibat penyebaran Virus Corona (Covid-19), Rumah Potong Hewan (RPH) Kendari saat ini stok sapi di kandang penampungan sekitar 46-57 ekor. Jumlah ini cukup banyak, dibanding sebelum adanya isu corona.

“Dimana, jumlah rata-rata pemotongan di RPH sebelum ada isu Corona ini adalah, 21 ekor setiap harinya,” ujar Kepala RPH Kota Kendari, R.M. Romy Yulianto lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, di Makassar, Jumat (27/3).

Menurut dia, para pemotong enggan memotong sapinya yang ada di kandang, lantaran permintaan dari langganan tetapnya, seperti penjual coto, bakso dan olahan daging lainnya menjadi berkurang.

Namun demikian, kata Yulianto, RPH tetap melakukan pelayanan tiap hari, demi pelayanan publik dalam hal pengawasan, pembersihan ruang produksi pasca pemotongan sapi, pembersihan kandang, dan penarikan retribusi.

Berikut rincian jumlah pemotongan setelah himbauan pemerintah untuk bekerja di rumah. Tanggal 22 Maret sapi yang dipotong sebanyak 20 ekor, 23 Maret 12 sebanyak ekor, 24 Maret 8 ekor, 25 Maret sebanyak 6 ekor dan tanggal 26 Maret sebanyak 5 ekor.