Sekda Sulsel Minta Metode Merdeka Belajar Diterapkan Secara Maksimal

Makassar, TN – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani meminta konsep pendidikan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim ditetapkan secara maksimal di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Merdeka belajar adalah sebuah konsep dan metode yang menekankan kebebasan dalam berkreasi, improvisasi dan berinovasi tenaga pendidik dalam menggali potensi diri yang dimiliki sisiwa. Titik tekannya ada pada tiga potensi kecerdasan manusia, yakni kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual,” jelas Abdul Hayat kepada wartawan, di Makassar, Sabtu (14/3).

Untuk itu, Abdul Hayat menekankan perlunya antisipasi pengembangan individu yang kuat oleh setiap tenaga pendidik agar mampu beradaptasi dengan kebijakan ini. “Perlu antisipasi pengembangan individu yang kuat (oleh tenaga pendidik) agar mampu beradaptasi dengan kabijakan ini,” ujar Hayat.

Dihubung terpisah, pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Basri menyebutkan, metode Merdeka Belajar sangat menguntungkan sekaligus menjadi tantangan tersendiri untuk tenaga pengajar karena adanya kebebasan dalam menentukan metode belajar sesuai potensi yang dimiliki oleh masing-masing sekolah.

“(Merdeka Belajar) memberi ruang kepada sekolah untuk berkreasi dan berinovasi sesuai potensi sekolahnya, bahkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa dirancang oleh kepala sekolah dan guru. Yang diutamakan adalah guru berinovasi dan berkreasi agar di kelas pembelajaran menyenangkan,” kata dia.

Lebih lanjut metode Merdeka Belajar juga akan mengganti ujian nasional menjadi Assessment Kompetensi serta adanya survey karakter bagi para siswa untuk lebih mengenal individu para peserta didik yang nantinya akan disesuaikan dengan metode pembelajaran di kelas. Artinya, lanjut Basri, titik tekan metode Merdeka belajar melalui pendekatan secara individu kepada sisiwa.

“Intinya guru tidak boleh memaksakan keinginanya pada personality siswa. Untuk dipastikan anak mampu efektif dalam psikotes saat pengenalan sekolah,” tandas dia.