Berita

BKSDA dan Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong Gagalkan Penyelundupan 81 Ekor Satwa Liar Dilindungi

×

BKSDA dan Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong Gagalkan Penyelundupan 81 Ekor Satwa Liar Dilindungi

Sebarkan artikel ini
Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong dan BKSDA Gagalkan Penyelundupan Cendrawasih dan Burung Dilindungi. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Penyelundupan satwa liar dilindungi berhasil digagalkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat bekerjasama dengan Polsek kawasan Pelabuhan Sorong, Rabu (20/4/2022).

1494
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Rencananya, Satwa itu akan dibawa ke luar Sorong dengan menggunakan KM. Labobar tujuan Surabaya.

Pengungkapan itu berawal saat personil Polsek Kawasan Pelabuhan yang dipimpin oleh Kapolsek Ipda Rifki Istanto, STr.k melaksanakan rutinitas pengamanan kapal yang sandar di areal Pelabuhan Sorong.

Kemudian pihaknya mendapatkan informasi dari Satgas Gakkum BKSDA untuk memback up penemuan dan pengamanan satwa liar yang berada di dek 7 luar KM. Labobar dari Jayapura tujuan Sorong – Ternate – Ambon dan Surabaya.

“Tadi sekitar jam 16.45 Wit saya bersama anggota Polsek dan BKSDA naik ke dek 7 KM. Labobar untuk mengecek informasi tersebut dan benar ada burung atau satwa liar yang dilindungi di atas” ujar Kapolsek.

Adapun Jumlah Satwa Liar yang dilindungi yang diamankan Burung Cendrawasih 8 ekor, Jambul kuning 7 ekor, Mambruk 2 ekor, Bayan merah – hitam 11 ekor, Nuri hitam 11 ekor, Percicit 8 ekor, Nuri merah kepala hitam 32 ekor, Jagal papua 1 ekor, Kasturi raja 1 ekor dengan Total berjumlah 81 ekor.

” Untuk orang yang berhasil diamankan adalah HTP, laki laki, pekerjaannya HDC (Cleaning service) yang bertugas penjaga gudang dek 7 bagian luar, keterlibatannya masih didalami, termasuk pemiliknya” tutup Kapolsek.

Satwa Liar yang dilindungi tersebut dibawa Satgas Gakum BKSDA untuk diamankan di tempat aman, karena dikhawatirkan burung cendrawasih mengalami stres dan bisa mati.