pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi bidan dan dokter, Senin (21/11/2022) di Rylich Panorama Hotel Sorong. (Foto:Mega/TN)

 1,393 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Papua Barat menggelar pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi bidan dan dokter, Senin (21/11/2022) di Rylich Panorama Hotel Sorong.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (KB-KR BKKBN) Republik Indonesia dr. Eni Gustina, MPH mengatakan pelatihan pelayanan kontrasepsi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan KB lebih maksimal.

“Tujuannya adalah agar mereka terampil memberikan pelayanan kontrasepsi. Karena pelayanan kontrasepsi merupakan sebuah intervensi untuk menjaga kesehatan reproduksi perempuan. Jadi kontrasepsi, bukan untuk membatasi jumlah anak tapi untuk menyehatkan kesehatan reproduksi perempuan,”jelas Erni.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (KB-KR BKKBN) Republik Indonesia dr. Eni Gustina, MPH didampingi Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Papua Barat, Philmona Maria Yarollo S.sos,M.Si.(Foto:Mega/TN)

Menurut Erni, jika perempuan-perempuannya sehat maka dia akan merencanakan kehamilan yang sehat. Di antaranya cukup umur minimal 21 tahun, memiliki berat badan yang cukup dan tidak anemia.

“Jadii kalau misalnya perempuan itu menikah dan dia ingin punya anak, sudah siap tidak secara kesehatan. Jadi tidak sekedar punya anak. Kalau sudah sehat minimal umurnya 21 tahun, dia sudah tidak anemia, dan tdak kurang darah kurang darah/anemia. Karena kalau kurang darah, asupan makan untuk janinnya juga kurang, otomatis bayinya bisa kecil dan menyebabkan prematur,”terang Erni.

Oleh karena itu lewat pelatihan ini, para bidan dan dokter akan lebih mahir dalam memasang kontrasepsi karena sudah bersertifikat, sehingga berhak dalam memberikan pelayanan.

“Pelatihan ini sudah dilakukan sebelumya, dan yang sekarang ini adalah angkatan ke dua. Yang dilatih semua pelayanan kontrasepsi mulai dari pasang IUD, implan, termasuk kontrasepsi jangka pendek dan lain-lain,” tutur Erni.

Sementara itu Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Papua Barat, Philmona Maria Yarollo S.sos,M.Si menjelaskan bahwa untuk angkatan pertama pelatihan ini sudah pernah dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 18 November 2022.

“Dalam pelatihan ini PT Harsen Laboratories yang memberikan materi dan arahan berkaitan dengan alat dan obat kontrasepsi. Kami juga berharap angkatan ke dua untuk ibu-ibu bidan dan dokter yang mengikuti pelatihan ini bisa lulus, ” pungkasnya.

Berita lain untuk anda

PT PIL Siap Luncurkan Helm Retro Modern Bertemakan Dirgahayu RI ke 77

 1,263 total views (dibaca)  1,263 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Dalam momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik…

Satgas Pengendalian Covid-19 Terus Laksanakan Operasi Yustisi

 1,535 total views (dibaca)  1,535 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui tim…

Warga Kelurahan Pal Putih Terima Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

 580 total views (dibaca)  580 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Anggota DPR RI Dapil Papua Barat, Robert…

Sebanyak 12 Panitia Pengawas Lapangan Gane Timur Dilantik

 1,519 total views (dibaca)  1,519 total views (dibaca) Ternate, TN – Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Gane…

Deteksi Dini Aliran Sesat, di Merauke Digelar Pertemuan Terpadu

 1,584 total views (dibaca)  1,584 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka kerjasama untuk Pengawasan Aliran…

PDP Yang Kabur Dari RSUD Cendrawasih Dobo Berhasil Dievakuasi

 1,604 total views (dibaca)  1,604 total views (dibaca) Ambon, TN – Salah seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP)…

Sistem Whistle-Blowing Pelanggaran Kawasan Tanpa Rokok: Inovasi UI Untuk Negeri dan Potensinya

 2,364 total views (dibaca)  2,364 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa apapun…

Musda Golkar Teluk Wondama Ditunda, Ini Alasannya

 1,572 total views (dibaca)  1,572 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Musyawarah Daerah ( Musda) Partai Golkar Kabupaten…

Dirugikan Pemberitaan ‘Monitornews.co.id’, Dewan Pers Persilakan Pejabat BPN Tempuh Jalur Hukum

 1,354 total views (dibaca)  1,354 total views (dibaca) Jakarta, TN – Perseteruan antara Rizky Wahyudi, pejabat Badan…

PC Mandagi Ajak Semua Orang Saling Membantu dan Ciptakan Perdamaian

 1,465 total views (dibaca)  1,465 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di hari ulang tahun (HUT) yang…