Bima Arya Sugiarto Akui Ambon Inspirasi Indonesia

Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang Juga Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat foto bersama Wali Kota Kota Ambon, Richard Louhenapessy usai Upacara Peringatan HUT ke-446 Kota Ambon Tahun 2021, Selasa (7/9/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang Juga Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengaku, jika Kota Ambon adalah Inspirasi Indonesia, karena kota ini telah teruji dalam berbagai tantangan.

“Ambon pernah mengalami masa yang berat pada tahun 1999, diuji oleh situasi yang tidak dihadapi oleh kota lainnya. Tetapi hari ini, kalau Kota Ambon maju, sejuk, dan menjadi kota yang banyak prestasinya, itu karena kebersamaan dan persaudaraan yang terus dijaga oleh umat beragama dan suku bangsa yang berbeda,” katanya saat hadir dalam Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-446 Kota Ambon, Selasa (7/9/2021) di Tribun Lapangan Merdeka.

Menurutnya, setiap berkunjung ke Ambon, dirinya selalu takjub dengan kemajuan kota ini.

“Setiap kembali ke Ambon selalu ada yang baru, karena Ambon terlihat lebih maju. Kemarin saya bicara dengan Wali Kota Ambon dan juga warga, saya terkesima, semua satu suara, bersyukur atas keberhasilan Ambon yang relatif bisa mengendalikan Covid-19,” jelasnya.

Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam memajukan dan mengendalikan Covid-19, tambahnya, adalah buah dari kerjasama, kolaborasi, dan sinergitas dari Pemkot, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan semua elemen masyarakat.

“Selamat atas keberhasilan Pemkot Ambon dalam upaya pengendalian Covid-19,”ujarnya.

Selaku ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya mengatakan, bahwa Ambon memiliki tiga potensi yang jarang dimiliki kota lainnya, yaitu kebersamaan dan persaudaraan yang luar biasa, keindahan alam yang mempesona, Kekayakan alam yang terus dijaga bersama.

“Ketiga hal ini tidak banyak dimiliki kota-kota di Indonesia, ada yang punya satu, atau dua, tapi sedikit yang punya ketiganya,” kata dia.

Dia menambahkan, Ambon adalah salah satu kota yang berhasil mengelola dan mengharmonisasikan semua potensi tersebut, untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ambon berhasil mengelola dan mengharmonisasi antara Nature dan Culture, antara Alam dan Manusia,” imbuhnya.

Bima Arya menandaskan, pengalaman Kota Ambon pada usia ke-446, yang telah banyak melalui tantangan yang berat, patut dicontohi kota–kota lainnya.

“Kota lain di Indonesia harus belajar dari Ambon. Ambon adalah contoh bersama, inspirasi bagi indonesia,” tandas Bima Arya Sugiarto.