Plh Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita. Foto-Ist/TN

 738 total views (dibaca)

Merauke, TN – Dalam mengurus surat keterangan kesehatan di Puskesmas, pasti akan ada biaya pengurusannya, atau retribusi. Retribusi tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

Plh Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita mengatakan, untuk mengurus surat keterangan kesehatan tentu ada retribusi yang diminta sesuai aturan yang sudah ditentukan, akan dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan.

“Ya, karena itu sudah diatur dalam Perda, tapi saya lupa Perdanya, yang jelas ada Perda yang mengatur. Teman-teman kesehatan tidak mungkin asal minta,” jelas dr. Nevile saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (30/4).

Ia menegaskan, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, berdasarkan SOP yang dibuat, surat keterangan kesehatan hanya akan diberikan kepada pemohon yang benar-benar memiliki tugas khusus, dan dibutuhkan banyak orang.

Seperti para sopir serta kenek, dan khusus bagi mereka yang benar-benar memiliki tugas untuk mendistribusikan logistik, dan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Sedangkan untuk urusan lalu lintas orang, dan untuk mudik tidak dilayani.

“Sebelum ke Puskesmas, para pemohon (sopir dan kenek) harus meminta surat keterangan dari Tim Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten/Kota bersangkutan, sebagai dasar untuk dapat dilayani petugas Puskesmas,” jelasnya lagi.

Adanya komentar masyarakat di media sosial, yang mempertanyakan nilai retribusi surat keterangan kesehatan yang diminta petugas kepada pemohon belum lama ini, menurut Nevile, tidak ada kesalahan yang dilakukan petugas.

Sebelum surat tersebut dikeluarkan, harus ada pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan lainnya, sehingga nilai retribusi sesuai dengan jenis pemeriksaannya. Kecuali untuk masyarakat yang akan melakukan test Covid-19, tidak ada biaya alias gratis.

“Kalau nilai yang diminta dianggap mahal, kalau secara logika menurut saya harusnya lebih mahal lagi, agar tidak ada yang mengurus surat itu di masa pandemi ini. Nanti banyak yang mengurus dan bebas melakukan aktivitas ke mana-mana,” tegasnya.

Berita lain untuk anda

Penjabat Wali Kota Ambon Apresiasi Event Fun Run 2022

 3,419 total views (dibaca)  3,419 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Swiss-Belhotel Ambon (SBAM) menggelar Fun Run…

Polisi Didesak Segera Tangkap dr. Valda, Sapulette: Ada Kepentingan Politik

 739 total views (dibaca)  739 total views (dibaca) Ambon, TN – Pihak kepolisian dalam hal ini Polres…

Jelang PON XX Papua, Diskominfo Kabupaten Jayapura dapat Bantuan Peralatan Digital

 790 total views (dibaca)  790 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SENTANI- Jelang Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua…

Romanus Mbaraka Tegaskan Puluhan Kepala Kampung Kerja Jujur

 730 total views (dibaca)  730 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka melantik 37…

Korban Banjir Bandang Sentani akan Gelar Unjuk Rasa

 750 total views (dibaca)  750 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SENTANI– Korban Banjir Bandang Sentani yang tergabung dalam…

Sekolah Restorasi Siapkan SDM Generasi Papua Handal

 684 total views (dibaca)  684 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI, H.…

Penumpang Dari Talaud ke Manado Menurun Drastis

 830 total views (dibaca)  830 total views (dibaca) Talaud, TN – Pandemi Covid-19 mulai menunjukkan dampak buruk…

Jelang Hari Pahlawan, Komunitas Kendari Gelar Donor Darah

 767 total views (dibaca)  767 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir…

BPJS Kesehatan Cabang Sorong Bagikan Paket Sembako Ke Masyarakat Sekitar

 788 total views (dibaca)  788 total views (dibaca) Sorong, TN – Dampak dari adanya pandemi Covid-19 di…

PLN UP3 Sorong Jamin Pasokan Listrik Saat Perayaan Natal Dan Tahun Baru Aman

 745 total views (dibaca)  745 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG- PT PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3)…