Berita

Bermuatan Ratusan Kubik Kayu, Kapal Darlin Isabel Tabrak Karang Dofior

×

Bermuatan Ratusan Kubik Kayu, Kapal Darlin Isabel Tabrak Karang Dofior

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebuah kapal Kargo yang memuat ratusan kubik kayu menabrak karang di sekitar pulau Dofior, Selasa (26/10/2021) sekitar pukul 21.00 WIT.

1392
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Akibatnya, kapal bernama Darlin Isabel ini kandas dan sulit untuk keluar dari area pulau Dofior karena muatan kayu yang cukup berat.

Informasi yang dihimpun oleh media ini, Kapal Darlin Isabel menabrak karang diduga karena ingin menghindari kapal penumpang milik PT Pelni yang akan bersandar ke pelabuhan laut Sorong.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh PLh Seksi penjagaan patroli dan penyelidikan KSOP Sorong, Usman. Ia menjelaskan, Kapal Darlin Isabel dari arah Seget hendak ke Sorong. Namun sesampainya di area pulau Dofior, kapal Darlin Isabel berpapasan dengan KM. Gunung Dempo.

“Jadi kapal Darlin Isabel berpapasan dengan gunung dempo sehingga kapal itu kandas di Dofior. Artinya sama-sama menghindar dari tubrukan kapal. Sekarang ini kami lagi BAP nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK), ” ucap Usman kepada awak media, Rabu (27/10/2021).

Dikatakan Usman, untuk mempermudah proses evakuasi, muatan kayu pada kapal Darlin Isabel akan dipindahkan terlebih dahulu dari atas kapal agar kapal tersebut mudah ditarik.

“Kemarin kita sudah coba tarik tapi tidak bisa. Upaya kedua kami coba kurangi muatan dulu, setelah itu kita tarik lagi, selanjutnya kita lakukan survei terhadap kapal itu sendiri. Misalkan ada kerusakan di kapal, kita tidak berangkatkan sementara waktu, ” terangnya.

Disebutkan Usman, kapal Darlin Isabel sedang memuat 470 kubik kayu dengan 15 ABK di dalamnya serta alat crane kapal.

“ABK pada kapal Darlin berjumlah kurang lebih 15 orang, dokumen kapal lengkap semua. Kayu yang dimuat 470 kubik sesuai manifes yang ada. Sementara kita BAP dulu, jadi kita belum bisa ambil kesimpulan,”pungkasnya.