Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman bersama organisasi kepemudaan dan warga Ternate, menandatangani petisi di Lapangan Ngara Lamo Salero, Kecamatan Ternate Utara, Senin (29/6). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Untuk mendukung Sultan Baabullah menjadi Pahlawan Nasional, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman bersama organisasi kepemudaan dan warga Ternate, menandatangani petisi di Lapangan Ngara Lamo Salero, Kecamatan Ternate Utara, Senin (29/6).

Penandatangan dukungan ini juga di hadiri para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman menyatakan, pengusulan Sultan Babullah menjadi Pahlawan Nasional telah dilakukan, dan dalam waktu dekat, usulan tersebut akan di kaji pemerintah pusat.

Untuk itu, Pemerintah Kota Ternate bersama masyarakat setempat melakukan penandatanganan petisi untuk mendukung Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional.

“Hari ini kita menggalang dukungan secara moril dari seluruh masyarakat Kota Ternate, supaya memberikan dorongan pada tim, agar Sultan Baabullah dapat ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional,” ungkap Walikota di usai menandatangani dukungan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dalam usulan tersebut, kata Walikota, Pemkot Ternate juga ikut menyampaikan banyak referensi terkait sang sultan. Penyampaian ini juga sudah diteruskan ke Pemerintah Provinsi Maluku Utara, dan tim bentukan pemkot yang didalamnya terdapat pakar sejarah.

“Dan dalam waktu singkat ini DPRD akan menggelarsidang. Maka hari ini kita gelar dukungan dari seluruh masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap, dengan dukungan ini Sultan Babullah dapat ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional dari Maluku Utara.

Sementara itu, Wakil Ketua TP2GD Kota Ternate, Sahroni A Hirto mengatakan, gerakan penggalangan tandatangan dukungan ini sangat penting, untuk memberikan dukungan kepada Sultan Baabullah menjadi Pahlawan Nasional.

“Gerakan ini sudah dimulai sejak tahun 2019, dan pada bulan Juli nanti akan dilakukan sidang pemberkasan dan sidang pengujian naskah akademik dan selanjutnya dibentuk dewan pemberi gelar oleh Presiden Joko Widodo,” ungkap Sahroni yang juga Ketua KNPI Kota Ternate.

Sahroni juga berharap, Sultan Babullah dapat dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

2 Pemotor Terlibat Kecelakaan Maut Di KM. 12 Masuk, Satu Orang Tewas Seketika

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang pengendara sepeda motor berinisial FT (60), tewas…