Upacara Adat Mansorandak Hiasi Kedatangan Menko PMK Dan Rombongan di Manokwari

Tiba di bandara Rendani Manokwari, Menko PMK dan rombongan disambut upacara injak piring adat atau mansorandak. Foto A.Namsa.

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Menteri Kordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Putranto, Kepala BNPB Doni Monardo serta rombongan, Senin malam (6/7/2020) tiba di bandara Rendani Manokwari menggunakan pesawat milik TNI-AU.

Tiba di bandara Rendani, Menko PMK dan rombonban disambut oleh gubernur Dominggus Mandacan, wakil gubernur, Mohammad Lakotani, serta unsur Forkopimda Papua Barat yang disertai dengan prosesi adat Mansorandak atau injak piring adat.

Mansorandak adalah upacara adat penyambutan seseorang yang untuk pertama kali menginjakkan kakinya ditempat yang baru. Hal ini dimaknai sebagai suatu ungkapan syukur karena orang tersebut telah tiba dengan selamat. 

Setelah disambut dengan upacara adat setelah turun dari pesawat, rombongan Menko PMK langsung menuju Aston Niu hotel untuk beristirahat.

Rencananya pada esok, Selasa (7/7/2020) Menko PMK Muhadjir Effendy dan rombongan akan meninjau secara langsung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Papua Barat, serta melakukan Rapat Koordinasi Penanganan Covid 19 bersama bupati dan walikota se-provinsi Papua Barat melalui video conference di Aston Niu hotel Manokwari pada pikul 08.00-10.00 WIT.