Berita

Tiga Warga Silale Yang Kontak Dengan Pasien Covid-19 Jalani Rapid Test

×

Tiga Warga Silale Yang Kontak Dengan Pasien Covid-19 Jalani Rapid Test

Sebarkan artikel ini
Tiga warga Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon dengan sukarela datang memeriksakan kondisi kesehatan mereka di Puskesmas Valentine, Jumat (5/6) kemarin. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Dengan kesadaran terhadap dampak penularan Covid-19, tiga warga Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon yang merupakan anggota keluarga dari pasien terkonfirmasi Covid-19, dengan sukarela datang memeriksakan kondisi kesehatan mereka di Puskesmas Valentine, Jumat (5/6) kemarin.

1063
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kami mendapat informasi dari Dinas Kesehatan Kota Ambob, bahwa ketiga warga yang berdasarkan hasil tracing/tracking pasien terkonfirmasi memiliki kontak erat dengan pasien dimaksud, sudah mendatangi Puskesmas Valentine untuk mengikuti Rapid Test,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawa, Minggu (7/6).

Dia mengaku, ketika tim dari Dinas Kesehatan Kota Ambon mengeluarkan hasil tracing, ketiga warga tersebut beberapa kali menunda waktu pemeriksaan.

“Diduga ada informasi-informasi miring yang mereka terima dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, bahwa pemeriksaan Rapid Test akan dilakukan kepada seluruh warga di salah satu RT, sehingga mereka berkeberatan dan menolak,” jelas dia.

Penolakan tersebut, lanjut Joy, berujung pada aksi yang dilakukan dengan melibatkan sejumlah warga Kelurahan Silale, Kamis kemarin, saat kedatangan tim kesehatan.

Setelah dilakukannya pendekatan melalui Tim GTPP Covid-19 Kota Ambon, Lurah, Pimpinan Puskesmas, serta perangkat RT/RW setempat, ketiga warga yang merupakan keluarga dari pasien terkonfirmasi tersebut, akhirnya dengan penuh kesadaran datang, dan mengikuti rapid test.

“Ini miskomunikasi yang kemudian oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkannya untuk menimbulkan polemik antara pemerintah dan masyarakat,” tegas dia.

Joy berjanji, hal seperti ini kedepan tidak akan terjadi lagi, karena pemerintah tidak mau menambah beban pikiran masyarakat, yang tengah mengalami kesulitan sejak pandemi Covid-19.

“Selaku Gugus Tugas dan atas nama Pemerintah Kota Ambon, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ketiga warga Silale tersebut, yang sudah sangat membantu pemerintah dalam memutuskan rantai penularan Covid-19. Kami juga meminta masyarakat untuk senantiasa berkonsultasi dengan pemerintah lewat Lurah dan jajaran tingkat kelurahan, apabila menemui kejanggalan dalam informasi seputar penanganan Covif-19 di Kota Ambon, maupun dapat menginformasikan secara langsung lewat layanan pengaduan yang sudah disiapkan,” kata dia.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kelurahan Silale, Gatot Hallauw menyatakan, dirinya menyesali adanya aksi penolakan yang dilakukan masyarakat Silale beberapa hari lalu, namun kedepan dirinya bersama Gugus Tugas tingkat Kelurahan Silale akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat betul-betul paham mengenai protap penanganan Covid-19.

“Kami akan terus mengedukasi masyarakat terkhususnya masyarakat di Kelurahan Silale tentang apa itu Covid-19, dan bagaimana pencegahan serta protap penanganannya, sehingga aksi yang terjadi, tidak sampai terulang kembali,” tandas Gatot.