Berita

Tiga Ton Gaharu Asal Merauke Dikirim ke Jakarta

×

Tiga Ton Gaharu Asal Merauke Dikirim ke Jakarta

Sebarkan artikel ini
Karantina Pertanian Merauke melakukan pemeriksaan terhadap gaharu yang akan dikirim ke Jakarta, Minggu (30/08). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan sumber daya alam. Papua memiliki sumber daya alam terlengkap, seperti kekayaan mineral, minyak, gas, hasil hutan dan perkebunan.

1464
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Salah satu hasil hutan yang bernilai tinggi adalah gaharu. Tentunya sudah banyak orang yang mengetahui dan menginginkannya karena gaharu memiliki aroma harum yang sangat khas.

Seperti pada Minggu (30/08), Karantina Pertanian Merauke melakukan pemeriksaan terhadap gaharu yang akan dikirim antar area.

“CV. PL rencananya akan mengirimkan gaharu sebanyak 3328 kg dalam 162 koli ke Jakarta” ujar Harry Soloman, petugas yang melakukan pengecekan, Senin (31/8) di Merauke.

Pemeriksaan dilakukan dengan melihat kebenaran jumlah, kelengkapan dokumen lain, dan pemeriksaan fisik.

“Dokumen lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan. Dan kita sampling beberapa kemasan, kita liat secara fisik yang dikirim, bentuknya ada yang berupa cacahan juga ada yang berbentuk serpihan,” ucapnya.

Tidak bosan-bosa masyarakat diimbau dan diajak wahub melapor kepada pejabat Karantina apabila melalulintaskan tumbuhan maupun hewan. Sehingga melalui proses sesuai aturan yang sudah ditetapkan di wilayah Indonesia.