RR Akhirnya Angkat Suara Soal Ketidakhadirannya di Rapat Paripurna PAW

Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw (RR) akhirnya angkat suara, terkait dengan ketidakhadiran dirinya di rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku dalam rangka pengambilan sumpah/janji Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku sisa masa jabatan tahun 2020-2024 dari Partai Golkar, yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku, Senin (27/7) kemarin.

“Bahwa ketidakhadiran saya mengikuti rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku disebabkan ada urusan penting di Jakarta, yang tidak dapat saya tinggalkan,” kata RR lewat akun Facebooknya yang dilihat Teropongnews.com, di Ambon, Selasa (28/7).

Menurut RR, karena urusan itulah, maka dirinya telah menelpon Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Bodewin Wattimena dan Rasyid Effendy Latuconsina, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku yang baru saja dilantik menggantikan dirinya, agar jangan dulu menggelar rapat paripurna, sebelum dirinya tiba di Kota Ambon.

“Pak Ketua DPRD dan Pak sekwan setuju, namun mereka mengatakan bahwa saya harus menghubungi pak Rasyid. Saya menelpon Pak Rasyid untuk meminta penundaan, karena saya masih di Jakarta, dan belum kembali ke Kota ambon. Kalau beliau tidak keberatan, bisakah menunggu saya balik ke Kota Ambon baru acara pelantikan di laksanakan. Namun beliau (Rasyid) mengatakan, bahwa karena semua orang sudah tahu, jadi beliau mau secepatnya dilantik, karena itu saya juga tidak dapat memaksakan kehendak saya ke Pak rasyid. Saya kemudian bilang ok pak Rasyid, tapi saya tidak bisa hadir, karena ada urusan penting di Jakarta,” kata RR menjelaskan.

Menurut RR, seandainya dirinya tidak mau hadir, maka tidak mungkin dirinya menelpon Ketua DPRD, Sekwan dan Rasyid Effendy Latuconsina. Karena Latuconsina menghendaki agar pelantikan harus dilaksanakan, maka dirinya, lanjut RR, tidak bisa memaksakan kehendak untuk maksud baik menghadiri pelantikan.

“Demikian yang dapat saya jelaskan kepada teman teman untuk diketahui, sehingga tidak ada pernyataan, dan pertanyaan seakan-akan saya tidak mau menghadiri acara pelantikan Pak Rasyid Effendy Latuconsina. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih,” tandas RR.