Ratusan Ribu Pelanggan di Papua dan Papua Barat Nikmati Listrik Gratis

PLN mulai melaksanakan program pemberian stimulus listrik gratis bagi pelanggan rumah tangga R1/450 VA dan R1/900 VA bersubsidi di Papua dan Papua Barat (PB). Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Sesuai kebijakan pemerintah di tengah pandemi covid-19 ini, PLN mulai melaksanakan program pemberian stimulus listrik gratis bagi pelanggan rumah tangga R1/450 VA dan R1/900 VA bersubsidi di Papua dan Papua Barat (PB).

Terdapat 121.394 pelanggan di Papua dan Papua Barat yang berhak menerima bantuan ini (berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos).

Dari jumlah pelanggan tersebut, 98.349 pelanggan rumah tangga R1/450 VA akan mendapatkan listrik secara gratis, sedangkan 23.045 lainnya merupakan pelanggan rumah tangga R1/900 VA berubsidi yang akan menerima keringanan tagihan atau pemberian token gratis sebesar 50 persen.

“Jumlah itu dihitung dari pemakaian tertinggi selama 3 bulan terakhir, dan akan berlangsung selama April-Juni 2020. Sesuai arahan dan kebijakan dari pemerintah pusat mengenai stimulus Covid-19, kami siap memberikan bantuan keringanan kepada pelanggan bersubsidi. Kami berharap, bantuan ini dapat meringankan masyarakat khususnya di Tanah Papua saat menghadapi masa pandemi Covid-19 inj,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Ari Dartomo dalam rilisnya, Rabu (8/4).

Bagi pelanggan rumah tangga R1/450 VA pascabayar tagihan akan langsung dibebaskan alias gratis pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Sedangkan untuk pelanggan prabayar R1/450 VA dan R1/900 VA dapat memperoleh kode token listrik gratis, dengan cara mengirimkan nomor ID Pelanggan melalui aplikasi Whatsapp di nomor 08122123123 atau website PLN di www.pln.co.id.

Selain itu, PLN juga mengantisipasi apabila terdapat daerah-daerah yang sulit atau belum memiliki akses internet. Salah satu caranya yaitu, dengan bantuan dari perangkat kecamatan/kelurahan/desa. PLN akan memberikan data pelanggan pra bayar yang berhak menerima bantuan kepada perangkat kecamatan/kelurahan/desa, dan selanjutnya pelanggan dapat mendatangi dengan membawa ID pelanggannya.

“Kita tahu bahwa belum semua desa di Papua dan Papua Barat terjangkau akses internet. Dari itu, kami meminta bantuan kepada perangkat desa untuk mendistribusikan token listrik yang telah kami sediakan kepada masyarakatnya,” lanjut Ari Dartomo.

PLN akan memastikan Program Pemberian stimulus listrik gratis ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan R1/450 VA dan R1/900 VA bersubsidi, baik pascabayar maupun prabayar. Kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat akibat pandemi covid-19.